September 30, 2020

10 Pemain Afrika dengan Biaya Transfer Termahal

84

Sejumlah club top Eropa memiliki beberapa pemain Afrika untuk memperkuat timnya dalam menghadapi berbagai kompetisi. Karena para pemain tersebut dikenal memiliki fisik yang kuat atau memiliki kemampuan berlari yang lebih cepat dibanding pemain lain.

Bahkan banyak club yang rela merogoh kocek dalam untuk mendapatkan pemain yang berasal dari “Benua Hitam” tersebut. Berikut ini adalah daftar 10 pemain Afrika dengan biaya transfer termahal hingga musim panas 2020.

1. Nicolas Pepe – 80 Juta Euro

Pemain Afrika termahal

Nicolas Pepe adalah pemain Afrika dengan biaya transfer termahal sebab Arsenal perlu mengeluarkan dana sebesar 80 juta euro dari Lille. Bergabung pada pertengahan 2019 lalu, pemain asal Pantai Gading ini telah tampil 27 penampilan bersama The Gunners dengan catatan lima gol serta enam assist.

2. Riyad Mahrez – 67 Juta Euro

Berikutnya adalah Riyad Mahrez yang didatangkan oleh Pep Guardiola dari Leicester City pada pertengahan 2018. Pemain berusia 29 tahun tersebut telah mencetak 23 gol dan 27 assist dari 87 penampilan dalam dua musim terakhir.

3. Pierre-Emerick Aubameyang – 63 Juta Euro

Didatangkan oleh Arsenal pada awal 2018 lalu dengan biaya 63 juta euro dari Dortmund, Aubameyang menjadi pemain Afrika dengan biaya termahal sebelum Pepe dan Mahrez. Total sudah 141 gol yang sudah dicetak pemain timnas Gabon tersebut sejak bergabung dengan The Gunners.

4. Naby Keita – 60 Juta Euro

Keita diboyong oleh Liverpool dari RB Leipzig pada pertengahan 2018 lalu dan telah tampil sebanyak 54 pertandingan. Karena pemain asal Guinea tersebut sering mengalami cedera, kemungkinan besar The Reds akan segera menjualnya ke club lain dalam waktu dekat.

5. Mohammed Salah – 42 Juta Euro

mohamed salah

Salah didatangkan Jurgen Klopp dari AS Roma usai tampil bersinar pada musim 2016/17. Terbukti selama berseragam Liverpool, pemain asal Mesir ini menjadi pemain penting yang berhasil membantu The Reds meraih banyak gelar sejauh ini.

6. Sadio Mane – 41 Juta Euro

Sadio Mane bergabung ke Liverpool pada 2016 usai menjalani musim yang mengesankan bersama Southampton. Performa pemain berusia 28 tahun ini semakin meningkat dan tercatat telah mengumpulkan 78 gol untuk Liverpool.

7. Achraf Hakimi – 40 Juta Euro

pemain bertahan kanan berusia 21 tahun tersebut berhasil didatangkan oleh Inter Milan baru-baru ini dari Real Madrid. usai menjalani musim yang gemilang bersama Dortmund, Hakimi kini memilih untuk bermain di Serie A karena memiliki kesempatan tampil yang sedikit di Real Madrid.

8. Hakim Ziyech – 40 Juta Euro

Pemain Afrika berikutnya adalah Hakim Ziyech yang juga baru bergabung dengan Chelsea pada musim 2020/21 mendatang. Musim 2018/19 lalu Ziyech berhasil tampil impresif usai membawa Ajax lolos ke fase semifinal Liga Champions Eropa.

9. Cedric Bakambu – 40 Juta Euro

Berikutnya adalah Bakambu yang didatangkan club asal Tiongkok, Beijing Guoan dari Villareal pada jendela transfer musim dingin 2018. Dari 55 penampilan, pemain asal Republik Demokratik Kongo tersebut berhasil mencetak 39 gol serta 14 assist.

10. Didier Drogba – 29 Juta Euro

 

Drogba menyandang predikat sebagai pemain Afrika dengan biaya transfer termahal selama 10 tahun lebih karena didatangkan dari Marseille sebesar 29 juta euro. Meskipun merogoh kocek dalam, Chelsea berhasil membawa pulang gelar juara Liga Champions Eropa pertama berkat Drogba pada tahun 2012 lalu.

Sumber