September 30, 2020

10 Pemain Terbanyak Tampil di Liga Champions, Dikuasai Cuma 4 club

10 Pemain Terbanyak Tampil di Liga Champions, Dikuasai Cuma 4 Klub

Gilabola.com – Liga Champions (atau Piala Eropa sebelum 1992) seringkali dijadikan parameter kesuksesan seorang pemain atau bahkan penilaian untuk Ballon d’Or karena kompetisi ini adalah kompetisi antar club Eropa paling prestisius.

Bahkan tak jarang kelolosan sebuah club ke Liga Champions juga sangat mempengaruhi suatu transfer karena seorang pemain umumnya ingin bisa bersaing di kompetisi ini, terutama pemain yang menyandang nama besar.

Secara club, Real Madrid adalah tim tersukses di kompetisi ini dan ternyata itu juga berpengaruh besar pada statistik pemain mereka, dengan tiga mantan Los Blancos masuk dalam daftar 10 pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Liga Champions, dua di antaranya di posisi teratas.

1. Iker Casillas – 177 Penampilan

Iker Casillas baru saja pensiun awal bulan ini, mengakhiri karirnya yang sangat gemerlap sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah. Legenda Spanyol ini sejauh ini masih mencatatkan penampilan terbanyak di Liga Champions dengan 177 penampilan (plus 59 clean cheet) dan tentu saja mayoritas bersama Real Madrid yang dibelanya selama 16 tahun.

2. Cristiano Ronaldo – 170 Penampilan

CR7 hanya berjarak tujuh pertandingan dari Iker Casillas dengan 170 penampilan, 130 gol, dan 47 assist. Tentu saja plus lima gelar yang telah dimenangkannya sejauh ini. Di usianya yang ke-35 tahun dan masih prima, superstar Portugal itu sangat mungkin memecahkan rekor penampilan terbanyak di kompetisi ini.

3. Xavi Hernandez – 151 Penampilan

Legenda tiki-taka Barcelona tersebut mencatatkan 151 penampilan di kompetisi elit Eropa ini selama 17 tahun membela raksasa Catalonia, membantu masa-masa kejayaan club dengan memenangkan empat gelar Liga Champions.

4. Ryan Giggs – 145 Penampilan

Sebagai legenda satu club, Ryan Giggs telah tampil 145 kali untuk Manchester United di Liga Champions selama 23 tahun karirnya yang luar biasa, membantu club memenangkan dua trofi termasuk treble winners bersejarah pada 1999.

5. Lionel Messi – 143 Penampilan

Superstar, top skor dan legenda terbesar Barcelona Lionel Messi sejauh ini sudah bermain sebanyak 143 pertandingan di Liga Champions untuk raksasa Catalan, memenangi empat gelar dan berada di bawah Cristiano Ronaldo, dengan 115 gol.

6. Raul Gonzalez – 142 Penampilan

Mantan pangeran Real Madrid ini bermain dalam 142 penampilan dan 72 gol di Liga Champions dengan 3 gelar telah dimenangkannya, semua bersama Los Blancos saat dia juga pernah membela club Jerman Schalke pada akhir karirnya.

7. Paolo Maldini – 135 Penampilan

Legenda terbesar AC Milan ini mencatatkan 135 pertandingan bersama Rossoneriberperan besar pada masa-masa kejayaan club di Eropa dengan total lima trofi Liga Champions, membuat jersey ikoniknya kini telah dipensiunkan oleh pihak club.

8. Andres Iniesta – 130 Penampilan

Legenda tiki-taka Barcelona selain Xavi Hernandez. Andres Iniesta tampil dalam 130 penampilan di Liga Champions, semua bersama Blaugrana yang telah dibelanya sejak 2002 sebelum pindah ke Vissel Kobe di penghujung karirnya.

9. Clarence Seedorf – 125 Penampilan

Satu-satunya pemain yang pernah menjuarai Liga Champions untuk tiga club berbeda. Clarence Seedorf memiliki 125 pertandingan di sepanjang karirnya pada kompetisi ini, mayoritas bersama AC Milan, dengan dia juga pernah memenangkan turnamen ini bersama Ajax Amsterdam dan Real Madrid.

10. Paul Scholes – 124 Penampilan

Legenda di Manchester United selain Ryan Giggs. Paul Scholes telah membela Setan Merah sejak 1994 sebelum pensiun pada 2011, kendati sempat kembali selama semusim setahun kemudian. Total dia bermain 124 kali di Liga Champions, memenangkan dua trofi.

Sumber