September 20, 2020

10 Pemain yang Mengalami Perubahan Valuasi Transfer Tertinggi usai Sepakbola Ditunda Akibat Covid-19

Alphonso Davies
Alphonso Davies / Bayern Munchen | DeFodi Images/Getty Images

Pandemi Covid-19 membuat kompetisi sepakbola di seluruh dunia harus ditunda selama kurang lebih empat bulan, dan beberapa kompetisi bahkan harus dihentikan lebih cepat. Penyebaran virus Corona juga memberi pengaruh signifikan terhadap valuasi berbagai pemain di lima liga top Eropa (Liga Inggris, Serie A, La Liga, Bundesliga, dan Ligue 1).

Terdapat berbagai pemain yang mengalami peningkatan dan penurunan nilai pasar usai kompetisi kembali berlanjut. Berdasarkan data dari KPMG, berikut adalah sepuluh pemain yang mengalami penurunan dan peningkatan nilai pasar tertinggi usai kompetisi sepakbola kembali berlanjut

(diurutkan dari pemain yang mengalami penurunan ke yang mengalami peningkatan).

Felipe Anderson
Felipe Anderson / West Ham United | Shaun Botterill/Getty Images

Berposisi sebagai gelandang serang, Felipe Anderson sudah sering mendapatkan sorotan terkait inkonsistensinya di West Ham United. Pemain yang berasal dari Brasil itu berpeluang masuk dalam daftar jual West Ham, namun saat ini memiliki valuasi 26 juta Euro, menurun 13 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Sergio Aguero
Sergio Aguero / Manchester City | Pool/Getty Images

Berposisi sebagai penyerang, Sergio Aguero sudah menjadi pemain kunci bagi Manchester City dalam sembilan tahun terakhir. Meskipun masih menjadi pemain kunci bagi Man City, cedera membuat valuasi Aguero saat ini berada pada angka 41 juta Euro, menurun 14 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

James Rodriguez
James Rodriguez / Real Madrid | Quality Sport Images/Getty Images

Berposisi sebagai gelandang serang, James Rodriguez sudah sering disebut masuk dalam daftar jual Real Madrid. Pemain asal Kolombia itu disebut akan segera bergabung dengan Everton. Jarang bermain sepanjang musim 2019/20, James saat ini memiliki valuasi sebesar 10 juta Euro, menurun 14 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Ainsley Maitland-Niles
Ainsley Maitland-Niles / Arsenal | Pool/Getty Images

Berposisi sebagai gelandang dan dapat bermain sebagai pemain bertahan sayap, Ainsley Maitland-Niles beberapa kali disebut dapat meninggalkan Arsenal. Meskipun memiliki fleksibilitas yang berharga, valuasi Maitland-Niles saat ini berada pada angka 15 juta Euro, menurun 14 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

FBL-EUR-C1-PSG-BAYERN MUNICH
Philippe Coutinho | MANU FERNANDEZ/Getty Images

Berposisi sebagai gelandang serang, Philippe Coutinho sudah sering disebut masuk dalam daftar jual Barcelona. Coutinho sudah mengakhiri periode peminjamannya di Bayern Munchen, dan saat ini memiliki valuasi sebesar 56 juta Euro, menurun 14 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Victor Osimhen
Victor Osimhen / SSC Napoli | DeFodi Images/Getty Images

Berposisi sebagai penyerang, Victor Osimhen bergabung dengan Napoli dari Lille pada bursa transfer musim panas 2020. Penyerang asal Nigeria itu menjadi salah satu pemain yang mendapat sorotan tinggi di Ligue 1 2019/20. Valuasi Osimhen saat ini berada pada angka 53 juta Euro, meningkat 19 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Phil Foden
Phil Foden / Manchester City | Chloe Knott – Danehouse/Getty Images

Berposisi sebagai gelandang serang, Phil Foden menjadi salah satu pemain muda yang mendapat sorotan tinggi di Manchester City. Peningkatan waktu bermain yang diperoleh Foden membuatnya mendapatkan peningktan valuasi menjadi 47 juta Euro, meningkat 19 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Bruno Fernandes
Bruno Fernandes / Manchester United | James Williamson – AMA/Getty Images

Berposisi sebagai gelandang serang, Bruno Fernandes bergabung dengan Manchester United dari Sporting CP pada Januari 2020. Performa yang ditunjukkan oleh Bruno Fernandes membuat valuasinya meningkat menjadi 88 juta Euro, meningkat 23 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Bukayo Saka
Bukayo Saka / Arsenal | Marc Atkins/Getty Images

Berposisi sebagai penyerang sayap, Bukayo Saka menjadi salah satu lulusan akademi Arsenal yang mendapatkan peningkatan signifikan sepanjang musim 2019/20. Bukayo Saka mendapatkan peningkatan valuasi menjadi 43 juta Euro, meningkat 26 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Alphonso Davies
Alphonso Davies / Bayern Munchen | Stuart Franklin/Getty Images

Berposisi sebagai pemain bertahan kiri dan penyerang sayap, Alphonso Davies menjadi salah satu pemain kunci bagi Bayern Munchen. Pemain Timnas Kanda itu mendapat sorotan tinggi sepanjang musim 2019/20. Davies memiliki valuasi sebesar 73 juta Euro, meningkat 35 juta Euro dibandingkan dengan valuasinya sebelum pandemi Covid-19.

Sumber