September 21, 2020

10 Pesepak Bola Muda Termahal Sepanjang Sejarah

Jakarta: Cerita talenta muda di dunia sepak bola bukan hal yang baru lagi. Bahkan, mereka pun mendapatkan harga yang tidak main-main di liga profesional.
 
Setiap club yang mendatangkan pemain muda mempunyai pandangan tersendiri. Seperti Real Madrid yang mendatangkan Vinicius Junior dari Flamengo.
 
El Real rela merogoh kocek hingga 45 juta euro atau sekitar Rp700 miliar lebih. Alhasil, Vinicius yang direkrut Madrid pada usia 18 tahun masuk sebagai jajaran transfer pemain muda termahal sekolong langit.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini, medcom.id merangkum daftar pesepak bola muda termahal sepanjang sejarah:
 
1. Vinicius Junior (Flamengo ke Real Madrid 45 juta euro)
Keputusan Vinicius Junior bergabung dengan Flamengo membuat dirinya tercatat sebagai pemain muda termahal.
 
“Saya akan berada di tim utama Real Madrid. Saya juga akan memainkan beberapa pertandingan dengan Castilla (tim junior) untuk beradaptasi secepat mungkin,” ujar Vinicius ketika baru diperkenalkan club.
 
2. Rodrygo (Santos ke Real Madrid 45 juta euro)
Satu lagi bakat muda yang diboyong oleh Real Madrid ialah Rodrygo. Pemain asal Brasil itu diboyong saat berusia 18 tahun. El Real juga menyiapkan dana sebesar 45 juta euro.
 
Saat ini, Rodyrgo sudah tampil 19 kali bersama tim senior Madrid dan menorehkan dua gol.
 
3. Luke Shaw (Southampton ke Manchester United 37,5 juta euro)
pemain bertahan kiri Luke Shaw direkrut Manchester United saat berusia 18 tahun dari Southampton pada 2014. Tidak tanggung-tanggung, Setan Merah mengeluarkan dana sebesar 37,5 juta euro untuk memuluskan langkah Shaw.
 
Kendati kerap cedera, Shaw sampai saat ini masih menjadi andalan mengawal sayap United.
 
4. Wayne Rooney (Everton ke Manchester United 37 juta euro)
Manchester United melakukan pembelian krusial pada 2004. Kala itu, mereka memutuskan untuk memboyong striker muda potensial, Wayne Rooney.
 
Ya, pembelian Rooney yang baru berusia 18 tahun saat itu menjadi bukti kejelian Sir Alex Ferguson melihat potensi seorang pemain. Rooney memainkan 393 pertandingan dan menciptakan 183 gol.
 
5. Renato Sanches (Benfica ke Bayern Muenchen 35 juta euro)
Bayern pernah memboyong pemain berusia 18 tahun bernama Renato Sanches dari Benfica. Bahkan, Bayern mengeluarkan dana sebesar 35 juta euro.
 
Ekspektasi Bayern terhadap kualitas pemain muda Renato Sanches tidak berjalan mulus. Total, Renato Sanches hanya bermain tiga musim dan menciptakan 35 caps dan satu gol. Kini, Sanches sudah bergabung dengan club Prancis, Lille.
 
6. Alessandro Bastoni (Atalanta ke Inter Milan 31,5 juta euro)
Inter Milan juga pernah membeli pemain muda dengan mahar sebesar 31,5 juta euro. Pemain tersebut ialah pemain bertahan Alessandro Bastoni. Dia diboyong La Beneamata pada usia 18 tahun. Sayang, kebersamaan di Inter hanya bertahan semusim. Saat ini, dia dipinjamkan ke Parma.
 
7. Antonio Cassano (Bari ke AS Roma 31 juta euro)
Antonio Cassano pernah tercatat menjadi pemain muda yang diboyong dengan harga tinggi. Momen itu terjadi ketika dia diboyong dari Bari menuju AS Roma.
 
Saat itu, Cassano yang berusia 18 tahun dibeli dengan harga 31 juta euro. Bersama Serigala Ibu Kota, Cassano memainkan 118 pertandingan dan menciptakan 39 gol.
 
8. Reiner (Flamengo ke Real Madrid 30 juta euro)
Real Madrid tampaknya selalu mencari bibit muda yang berasal dari tim Brasil. Mereka memutuskan memboyong Reiner dari Flamengo pada musim lalu dengan harga 30 juta euro.
 
9. William Saliba (Saint Etienne ke Arsenal 30 juta euro)
Arsenal menemui kata sepakat dengan Saint Etienne perihal transfer pemain bertahan William Saliba dengan harga 30 juta euro. Namun, sampai saat ini, Saliba belum dimainkan oleh Arsenal.
 
10. Pato (Internacional ke AC Milan 24 juta euro)
Striker Alexandre Pato pernah menjadi buah bibir saat pindah dari Internacional ke AC Milan pada 2007. Bagaimana tidak. Di usianya yang baru menginjak 17 tahun, dia sudah memperkuat tim seperti AC Milan. Bahkan, dia diboyong dengan harga yang tidak murah yakni 24 juta euro.
 
Kebersamaan Pato di Milan bertahan enam musim. Pato sudah membuat 117 caps dan mencetak 51 gol.
 

(ASM)



Sumber