October 20, 2020

10 Rekor Transfer Termahal di Musim 2003/04 dan Nasib Mereka di club Baru

Real Madrid Briton David Beckham (R) cel
Kepindahan David Beckham dari Manchester United ke Real Madrid menjadi rekor transfer termahal pada musim 2003/04 | CRISTINA QUICLER/Getty Images

Berbeda dengan tiga musim sebelumnya ketika club-club Serie A mendominasi 10 rekor transfer termahal saat bursa transfer tiba, musim 2003/04 lebih merata. Namun club Liga Inggris Chelsea memasukkan lima nama dalam daftar, sementara Real Madrid kembali menempati posisi puncak saat mereka mendatangkan David Beckham.

Berikut adalah 10 rekor transfer termahal pada musim 2003/04 dan nasib para pemainnya di club baru mereka:

Adrian Mutu, Radostin Kishishev
Adrian Mutu (kiri) | Mike Hewitt/Getty Images

Striker asal Rumania ini mulai naik daun tatkala memperkuat Verona dan Parma hingga Chelsea yang pada musim panas 2003 diakuisisi oleh Roman Abramovich bersedia membelinya dengan harga 19 juta euro.

Sayangnya karier Mutu di Chelsea tak berjalan terlalu mulus dan bahkan berakhir di persidangan usai club London Barat itu menuntut sang pemain karena kasus doping.

Dia hanya bermain selama dua musim, memainkan 38 pertandingan dan mencetak 10 gol.

Roy Makaay
Roy Makaay | Etsuo Hara/Getty Images

usai menjadi bagian dari skuat Deportivo La Coruna yang tangguh di awal 2000an, termasuk saat mereka juara pada musim 1999/2000, Roy Makaay terus menarik perhatian club-club besar Eropa.

Namun striker asal Belanda itu baru hengkang pada musim panas 2003 saat Bayern Munchen menebusnya dengan harga 19,75 juta euro.

Makaay mempersembahkan dua trofi Bundesliga dan DFB Pokal, tampil sangat produktif dengan menorehkan 102 gol dalam 178 penampilan selama empat musim di Allianz Arena.

Jermaine Jenas battles with Claude Makelele
Jermaine Jenas battles with Claude Makelele | Ben Radford/Getty Images

Real Madrid dianggap telah melakukan kesalahan besar saat melepas Claude Makelele ke Chelsea pada musim panas 2003 dan mendatangkan David Beckham di saat yang sama.

Dengan harga 20 juta euro. Chelsea sangat beruntung bisa mendapatkan jasa gelandang bertahan asal Prancis tersebut. Makelele bertahan selama lima musim di Stamford Bridge, menjadi bagian dari skuat hebat The Blues yang meraih dua trofi Liga Inggris beruntun di bawah kepelatihan Jose Mourinho.

Newly signed and former Sevilla striker,
Jose Antonio Reyes | NICOLAS ASFOURI/Getty Images

Bersinar bersama Sevilla, Jose Antonio Reyes direkrut Arsenal pada musim panas 2003 dengan banderol mencapai 20 juta euro. Reyes tampil cukup kontributif dengan bermain dalam 21 pertandingan dan mencetak lima gol di musim pertamanya bersama The Gunners, saat club London Utara itu menjuarai Liga Inggris tanpa sekali pun terkalahkan.

Winger asal Spanyol itu bermain selama tiga musim di Arsenal sebelum dipinjamkan ke Real Madrid selama semusim dan dilepas secara permanen ke Atletico Madrid.

Pada 1 Juni 2019 lalu kabar duka datang dari Reyes. Pria kelahiran 1 September 1983 itu meninggal dunia usai mengalami kecelakaan di Spanyol.

Juan Sebastien Veron of Chelsea battles with Marcus Babbel of Blackburn Rovers
Juan Sebastien Veron of Chelsea battles with Marcus Babbel of Blackburn Rovers | Ben Radford/Getty Images

Tahun pertama kepemilikan Roman Abramovich membuat Chelsea didatangi para pemain top. Juan Sebastian Veron menjadi pembelian ketiga The Blues saat dirinya direkrut dari Manchester United dengan harga 21,5 juta euro.

Pembelian itu sendir menimbulkan banyak tanda tanya mengingat kegagalan Veron beradaptasi dengan sepak bola Inggris menjadi alasan kegagalannya bersinar di United.

Kariernya di Chelsea pun tak membaik dengan hanya bertahan selama satu musim di sana, memainkan 14 pertandingan dan mencetak satu gol sebelum dipinjamkan ke Inter Milan dan Estudiantes, sebelum dilepas secara permanen ke club yang disebutkan terakhir.

Adriano
Adriano saat berseragam Inter Milan | Etsuo Hara/Getty Images

Kualitas Adriano bersama Parma membuat Inter Milan tidak ragu membelinya pada Januari 2004 dengan harga 23,4 juta euro kendati sang striker saat itu dalam kondisi cedera.

Adriano bertahan selama empat setengah musim bersama Inter, mencetak 67 gol dalam 141 penampilan. Dia berkontribusi penting mengantar Inter meraih empat gelar Scudetto pada pertengahan 2000an.

Damien Duff of Chelsea takes a drink
Damien Duff | Ben Radford/Getty Images

Damien Duff menjadi pembelian Chelsea berikutnya yang masuk dalam daftar transfer termahal 2003/04 saat direkrut dari usai bersinar bersama Blackburn Rovers selama tujuh musim.

Damien Duff menjadi satu dari transfer Chelsea di musim ini yang bisa berkontribusi besar untuk era kepemilikan awal Roman Abramovich.

Winger asal Irlandia ini menghabiskan tiga musim di Stamford Bridge, mempersembahkan dua trofi Liga Inggris dan satu Piala Liga Inggris. Tampil dalam 125 pertandingan di semua kompetisi untuk Chelsea, Duff mencetak total 19 gol.

Hernan Crespo
Hernan Crespo | Ben Radford/Getty Images

Striker asal Argentina ini menjadi pembelian Chelsea terakhir dalam daftar ini pada musim 2003/04 saat dia direkrut dari Inter Milan dengan banderol 26 juta euro.

Berstatus sebagai pemain Chelsea selama lima musim, Crespo hanya bermain untuk Chelsea selama dua musim pada 2003/04 dan 2005/06. Sisanya dia habiskan sebagai pemain pinjaman bersama AC Milan dan Inter Milan.

Crespo ikut mempersembahkan trofi Liga Inggris 2005/06, tampil dalam 73 pertandingan dan mencetak 25 gol selama dua musim bermain untuk The Blues.

SOCCER-SPAIN-BARCELONA-RONALDINHO
Ronaldinho | JOSE JORDAN/Getty Images

Barcelona bisa dikata sangat beruntung bisa memboyong Ronaldinho dari PSG pada musim panas 2003 dengan sang pemain membuktikan dirinya menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah berseragam Barca.

Dia memperkuat Barca selama lima musim, mencetak 94 gol dalam 207 penampilan. Ronaldinho mempersembahkan dua trofi La Liga dan satu gelar Liga Champions, sekaligus merebut penghargaan individu seperti Pemain Terbaik FIFA (2 kali) dan Ballon d’Or (1 kali) saat berseragam Barcelona.

David Beckham
David Beckham dalam pertandingan Barcelona vs Real Madrid | Shaun Botterill/Getty Images

Tak hanya menempati urutan teratas dari daftar rekor transfer termahal pada musim 2003/04, kepindahan David Beckham dari Manchester United ke Real Madrid bisa dibilang sebagai momen sepak bola yang paling menyita perhatian media dan pecinta sepak bola saat itu.

Rumo kepindahannya sudah bergulir sejak awal 2003 saat hubungannya dengan Sir Alex Ferguson memburuk. Real Madrid pun memanfaatkan situasi dan berhasil mendapatkan sang ikon dengan harga 37,5 juta euro.

Beckham bertahan selama empat musim di Santiago Bernabeu, memainkan 155 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 20 gol. Dia mempersembahkan satu trofi La Liga saat menjalani musim terakhirnya sebagai pemain Madrid.

Sumber