November 30, 2020

3 Pemain Liverpool yang bakal Dilepas di Bursa Transfer

Liputan6.com, Liverpool – Liverpool sukses menjuarai Liga Inggris musim 2019/20. Tim asuhan Jurgen Klopp itu mengakhiri penantian 30 tahun sejak terakhir juara pada 1989/90.

Kesuksesan Liverpool itu tercipta bukan hanya karena peran Klopp sebagai manajer. Ya, para pemain yang masuk skuat inti Liverpool tentu berhak pula mendapat pujian.

Beberapa pemain seperti kiper Alisson Becker, pemain bertahan Virgil van Dijk, kapten tim, Jordan Henderson, serta trio lini depan, Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane layak mendapat sanjungan. Tanpa mengurangi peran pemain lain, enam figur itu tak tergantinkan di skuat The Reds.

Namun demikian, ada pula pemain yang sepertinya tidak masuk rencana Klopp di musim depan. Peran mereka pun tidak cukup krusial di perjalanan Liverpool musim ini.

Alhasil beberapa pemain tersebut bakal dilepas Liverpool di bursa transfer. Siapa saja mereka? berikut tiga di antaranya.

 

1. Adam Lallana

Pemain Wolvehampton Wanderers, Max Kilman berebut bola dengan gelandang Liverpool, Adam Lallana pada pekan ke-20 Liga Inggris 2019-2020 di Anfield, Minggu (29/12/2019). Liverpool semakin perkasa di Premier League usai menang 1-0 atas Wolverhampton. (AP/Jon Super)

Indikasi Lallana akan hengkang sudah terlihat. Mantan gelandang Southampton itu hanya diperpanjang kontraknya hingga akhir musim ini.

Sejatinya, kontrak Lallana akan habis 30 Juni. Namun pandemi virus corona membuat Liga Inggris molor sehingga berdampak kepada kontrak pemain.

Lallana bergabung dengan Liverpool pada 2014/15. Enam musim berkostum Liverpool, Lallana tampil 178 kali dan mencetak 22 gol.

2. Dejan Lovren

pemain bertahan Liverpool, Dejan Lovren (kiri), berjibaku dengan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane pada lanjutan Liga Inggris di Wembley, Minggu (22/10/2017). (AFP/Ian Kington)

Pemain lain yang juga diprediksi hengkang adalah Dejan Lovren. pemain bertahan asal Kroasia itu mulai terpinggirkan sejak Klopp menemukan duet Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Duet keduanya di lini belakang tak tergantikan di skuat utama. Alhasil, Lovren pun lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Selain faktor cedera, Lovren juga kerap membuat blunder. Itu membuat kepercayaan Klopp terhadap dirinya luntur.

Sama seperti Lallana, Lovren adalah alumnus Southampton dan bergabung dengan Liverpool pada musim 2014/15. Total, ia tampil 185 kali dan mencetak delapan gol.

3. Xherdan Shaqiri

Gelandang Liverpool, Xherdan Shaqiri tertunduk usai pemain Napoli mecetak gol kedua pada matchday pertama Grup E Liga Champions di Stadion San Paolo, Selasa (17/9/2019). Juara bertahan Liverpool secara mengejutkan menyerah dua gol tanpa balas dari tuan rumah Napoli. (AP Photo/Gregorio Borgia)

 Sebagai gelandang, kualitas Shaqiri tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya, ia tidak mendapat tempat di skuat utama Liverpool.

Gelandang asal Swiss itu kalah bersaing dengan Salah dan Firmino. Di Liga Inggris musim ini, Shaqiri baru bermain enam kali dan mencetak satu gol.

Dengan usia yang masih 28 tahun, Shaqiri tampaknya tidak akan mempertaruhkan masa depannya di Liverpool. Eks gelandang Inter Milan itu akan mencari club yang mau memberinya tempat di skuat inti.

Sumber