March 3, 2021

5 Pemain Termahal dalam Sejarah Sepakbola : Okezone Bola

SETIAP club, yang memiliki kekuatan finansial mumpuni, rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi merekrut pemain berkualitas. Alhasil, pemecahan rekor transfer pun mungkin terjadi pada setiap bursa transfer.

club-club kaya itu tidak masalah membayar mahal seorang pemain demi mendapatkan prestasi dalam waktu singkat. Berikut lima pemain termahal dalam sejarah sepakbola, melansir dari Transfermarkt, Senin (23/11/2020).

5. Joao Felix – Atletico Madrid

Joao Felix (Foto: Reuters/Sergio Perez)

Atletico Madrid membuat gempar pencinta sepakbola dunia saat memutuskan merekrut Joao Felix dari Benfica pada awal musim lalu. Atletico rela mengeluarkan uang sebesar 127,20 juta euro (sekira Rp2,14 triliun) demi Joao Felix yang saat itu berumur 20 tahun.

Joao Felix sempat kesulitan beradaptasi di Atletico, akan tetapi perlahan-lahan telah menemukan sentuhannya lagi. Pemain asal Portugal itu kini telah mencetak 16 gol dan enam assist dalam 47 pertandingan Atletico.

4. Ousmane Dembele – Barcelona

Ousmane Dembele (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Barcelona membeli Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund dengan biaya 130 juta euro (sekira Rp2,18 triliun) pada bursa transfer musim panas 2017. Blaugrana –julukan Barcelona– memproyeksikan Dembele sebagai pengganti Neymar Jr yang dijual ke Paris Saint-Germain (PSG).

Namun, harapan Barcelona terhadap Dembele tidak sepenuhnya terwujud. Dembele sempat tampil bagus bersama Barcelona sebelum cedera mengganggu kariernya di Camp Nou. Dembele masih mencari bentuk permainan terbaiknya hingga sekarang.

3. Philippe Coutinho – Barcelona

Philippe Coutinho (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Barcelona kembali masuk dalam daftar ini. usai membeli Dembele dengan mahar luar biasa, Barcelona kembali mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk Philippe Coutinho pada bursa transfer musim dingin 2018. Barcelona membeli Coutinho dari Liverpool dengan biaya 145 juta euro (sekira Rp2,41 triliun).

Namun, performa Coutinho juga tidak sesuai harapan sehingga dia pun dipinjamkan ke Bayern Munich pada musim lalu. Coutinho kembali ke Barcelona pada musim ini untuk membuktikan dirinya bukan pembelian gagal.

2. Kylian Mbappe – Paris Saint-Germain (PSG)

Kylian Mbappe (Foto: Reuters/Eric Gaillard)

PSG meminjam Kylian Mbappe dari AS Monaco pada musim 2017-2018. usai tampil apik dalam masa peminjaman, PSG pun mempermanenkan Mbappe dengan mahar 145 juta euro (sekira Rp2,41 triliun). Mbappe membayar kepercayaan PSG kepadanya dengan performanya dalam setiap pertandingan. Mbappe telah membuat 99 gol dan 58 assist dalam 133 penampilan untuk PSG. Mbappe membantu PSG merengkuh sembilan trofi domentik Prancis dalam tiga musim terakhir ini.

1. Neymar Jr – Paris Saint-Germain (PSG)

Neymar Jr (Foto: UEFA)

Neymar Jr adalah pesepakbola termahal di muka bumi sejak PSG membelinya dari Barcelona pada bursa transfer musim panas 2017. Bagaimana tidak, PSG menebus Neymar dengan mahar 222 juta euro (sekira Rp3,73 triliun). Neymar membantu PSG merengkuh sembilan trofi domentik Prancis dalam tiga musim terakhir ini. Misi besar Neymar bersama PSG pada musim ini adalah menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah club.