November 25, 2020

5 Pembelian Terhebat Arsenal di Hari Penutupan Bursa Transfer

ARSENAL menjadi salah satu club yang cukup aktif mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas 2020. Dari sejumlah pemain yang dikaitkan dengan tim tersebut, beberapa di antaranya berhasil berlabuh ke Stadion Emirates.

Salah satunya ialah Thomas Partey yang direkrut Arsenal dari Atletico Madrid. Ia didatangkan tepat di hari terakhir bursa transfer musim panas 2020. Kondisi seperti ini sejatinya bukan pertama kali yang terjadi di Arsenal.

club berjuluk The Gunners itu sebelumnya juga pernah baru mendapatkan pemain incaran di hari penutupan bursa transfer. Beberapa nama bahkan adalah sosok pemain hebat. Siapa saja? Berikut lima pembelian terhebat Arsenal di hari penutupan bursa transfer.

5. Nacho Monreal – 2013

Di urutan kelima, ada nama Nacho Monreal. Ia direkrut Arsenal pada musim dingin 2013. Sebelum resmi diumumkan jadi pemain anyar Arsenal, tim tersebut sejatinya sepi pemberitaan soal kehadiran pemain baru. Hal itu terjadi hingga pekan terakhir jendela transfer musim dingin 2013.

Nacho Monreal

Arsene Wenger yang menjadi juru taktik Arsenal kala itu merasa nyaman dengan timnya usai penambahan Santi Cazorla, Lukas Podolski, dan Olivier Giroud di musim panas 2012. Namun, situasi berubah drastis menyusul cedera Kieran Gibbs. The Gunners pun akhirnya bergerak cepat demi menemukan pemain yang bisa menggantikan peran Gibbs yang cedera.

Usaha Arsenal membuahkan penandatanganan Nacho Monreal dari Malaga yang harganya hanya di bawah 9 juta poundsterling kala itu. Monreal sendiri menghabiskan delapan musim di Arsenal dengan tampil di 251 pertandingan dan mencetak 10 gol.

4. Mikel Arteta – 2011

Pembelian terhebat Arsenal di hari penutupan bursa transfer berikutnya adalah Mikel Arteta. Hal itu terjadi di musim panas 2011. Kala itu, Arsenal harus menelan pukulan telak karena kehilangan sejumlah pemain andalan, seperti Gael Clichy, Samir Nasir, dan Cesc Fabregas.

Mikel Arteta

Alhasil, mereka membutuhkan tambahan segera. Arsenal pun mendatangkan empat pemain dalam dua hari terakhir bursa transfer. Mikel Arteta menjadi salah satunya. Saat itu, Arteta adalah gelandang yang mapan untuk Everton. Arteta telah berada di Everton selama delapan musim dan bisa dibilang menjadi pemain terbaik mereka.

Menyusul finis ketujuh Everton, Arteta merasa tidak nyaman dengan masa depannya. Ketertarikan Arsenal membuatnya mengajukan permintaan transfer dan pindah ke Stadion Emirates dengan biaya transfer sekira 10 juta poundsterling. Kini, ia pun telah menduduki jabatan sebagai pelatih.


Sumber