March 7, 2021

5 Transfer Nyeleneh yang Berujung Nestapa: Sekelas Manchester United dan Real Madrid Pernah Blunder Fatal Beli Pemain

Jonathan Woodgate bukanlah pemain yang buruk. Dia membangun reputasi di Leeds United sebagai pemain bertahan tengah yang tangguh dan juga menikmati kesuksesan di Manchester United dan Newcastle United. Kinerjanya menarik perhatian raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid.

Terlepas dari kecenderungan Woodgate yang rentan cedera, Real Madrid menganggap pemain itu cukup bagus untuk bergabung dengan pertahanan mereka di musim panas 2004. Woodgate sebenarnya cedera ketika tiba di club ibu kota Spanyol dan tidak melakukan debutĀ  untuk club sepak bola tersebut sampai tepat setahun kemudian.

Ketika dia melakukannya, ia bermain amat buruk! Woodgate mencetak gol sundulan brilian dalam pertandingan pertamanya melawan Athletic Bilbao, tapi itu melewati kipernya sendiri Iker Casillas.

Woodgate hampir saja menebus kesalahannya dengan gagal melakukan umpan silang David Beckham di sisi lain, akan tetapi antusiasmenya untuk memenangkan hati para pendukung setia Madrid yang skeptis semakin menguasainya pikirannya.

Sudah mendapat kartu kuning karena pelanggaran terhadap Carlos Gerpegui, Woodgate dengan gegabah menjatuhkan Joseba Etxeberria yang nyaris membuatnya dapat kartu merah. Kendati demikian, Real Madrid memenangkan pertandingan meskipun ada kesalahan Woodgate.

Dalam pertandingan berikutnya, Woodgate mencetak gol, akan tetapi cedera sangat membatasi penampilannya menjadi hanya 14 sepanjang musim sebelum pemain bertahan tengah itu meninggalkan club untuk kembali ke Inggris.