September 29, 2020

6 Hal Penting Tentang Kompetisi Liga Inggris Musim 2020/21

TEMPO.CO, Jakarta – Kompetisi Liga Inggris atau Premier League musim 2019/2020 sudah berakhir. Kini, jadwal usim baru, 2020/2021, hanya terpaut enam pekan atau satu setengah bulan dari akhir musim sebelumnya.

Semua club termasuk si pendatang baru Leeds United bersiap menghadapi musim yang baru nanti, dengan membeli pemain baru, menyiapkan kit baru dan segala hal baru lainnya.

Dan berikut sekilas tentang musim baru Liga Premier nanti yang dikutip dari berbagai sumber termasuk laman Chronicle Live, Senin.

Tanggal Mulai

Musim yang baru nanti mulai 12 September. Mestinya 8 Agustus tapi musim yang baru lewat lalu molor dua bulan gara-gara pandemi virus corona, maka kickoff musim baru itu pun dimundurkan. 
Itu berarti hanya enam pekan dari hari terakhir musim 2019/2020.

Tanggal Berakhir

Akhir musim depan ditetapkan 23 Mei 2021, namun akan jauh lebih padat karena bertepatan dengan Euro 2021 yang semestinya diadakan Juni tahun ini.

Tim Pendatang Baru

Pengganti Norwich City, Watford, dan AFC Bournemouth adalah juara Liga Championship Leeds United dan runner up West Brom. Satu pendatang baru lainnya sedang diperebutkan oleh Brentford dan Fulham yang berhadapan pada final playoff 4 Agustus.

Aturan Baru

Saat ini sedang dibahas kemungkinan meneruskan pola lima pemain pengganti seperti diberlakukan dalam sembilan putaran pertandingan Premier League terakhir semasa restart. Pembicaraan akan definitif digelar begitu sudah pastinya 20 tim peserta Liga Premier

Ada juga aturan baru handball di mana bola menyentuh bagian paling atas dari lengan dianggap sebagai handball.

Aturan VAR juga akan diubah untuk beberapa hal. Perubahan dipastikan terjadi usai satu club tersisa yang sedang diperebutkan Brentford dan Fulham bergabung dengan liga utama Inggris ini.

Selain itu ada aturan bola yang akan digunakan untuk musim depan. Bola Nike baru ini akan dominan putih dengan bubuhan warna merah dan hitam.

Bursa Transfer

Jendela bursa transfer pemain Liga Inggris dibuka 27 Juli sampai 5 Oktober. Jual beli pemain masih masih buka sampai 16 Oktober akan tetapi sejak 5 Oktober, club Liga Premier hanya bisa bertransaksi dengan club-club divisi di bawahnya (EFL).

Soal Penonton

Penonton tetap tak boleh hadir di stadion sampai paling tidak 1 Oktober, akan tetapi pemerintah berharap beberapa penonton boleh hadir sebagai uji coba pada Agustus.

Kabarnya penonton hanya boleh menempati 30 persen sampai 50 persen dari kapasitas stadion. Namun aturan akan terus berubah seiring dengan perkembangan penanganan pandemi.



Sumber