February 27, 2021

9 Penjualan Pemain Bukti Kejeniusan Liverpool di Bursa Transfer

Libero.id – Rhian Brewster secara resmi telah menyelesaikan kepindahannya ke Sheffield United dengan mahar 23,5 juta pounds. usai sebelumnya tampil cukup mengesankan dengan status pinjaman di divisi Championship, Brewster mencetak 11 gol dalam 22 pertandingan bersama Swansea City.

Striker berusia 20 tahun itu sedianya adalah pemain akademi Liverpool, dan punya keinginan untuk bermain di skuad utama pada musim 2020/21. akan tetapi dia tidak akan pernah mendapatkan kesempatan itu, paling tidak dalam waktu dekat, mengingat Jurgen Klopp punya stok penyerang yang melimpah, mulai dari  Roberto Firmino, Mohamed Salah, Sadio Mane, Takumi Minamino sampai Diogo Jota.

Kepindahan Brewster ke Sheffield United menghasilkan keuntungan sebesar 15 % dari klausul pembelian. Tidak hanya itu, selama beberapa tahun terakhir, Liverpool sukses menjual pemain dengan status pinjaman dan mendapat keuntungan banyak dari si pemain, sementara tim besar lainnya gagal melakukan hal yang sama.

Berkenaan dengan hal itu, di bawah ini, website olahraga Givemesport  telah merangkum 9 pemain yang pergi dari Anfield Stadium dengan skenario serupa dan dengan harga yang menarik dan menguntungkan Liverpool, dan ini semua terjadi pada era kepelatihan Juergen Klopp:

9.  Ki-Jana Hoever ke Wolves | 13,50 juta pounds

Kredit: wolves.co.uk

Sebetulnya Hoever punya bakat yang cukup menjanjikan, akan tetapi Liverpool tak bisa begitu saja untuk membiarkan tawaran lebih dari 13 juta euro raib, lagi pula pesepakbola berusia 18 tahun itu belum pernah tampil sama sekali di Liga Premier. Ini jalan untuk melapangkan karir Hoever, toh juga perpindahan itu ikut membantu membuka jalan bagi kedatangan Jota di Anfield musim panas ini.

8. Dejan Lovren ke Zenit | 10,80 juta pounds

Bagaimana bisa Liverpool meyakinkan Zenit St Petersburg untuk membelanjakan uang 10 juta pounds hanya demi menebus pesepakbola Kroasia yang kerap melakukan blunder. Jelas ini membuat penggemar memuji cara kerja Direktur olahraga The Reds, Michael Edwards. Agaknya Michael Edwards perlu memberi tahu publik dengan menulis taktik negosiasinya di lembar buku.

7. Danny Ward ke Leicester | 12,60 juta pounds

Kredit: transfermarkt.com

usai hanya membuat 3 penampilan untuk tim senior Liverpool, Danny Ward dilepas untuk menuju Leicester City, di club barunya itu, pesepakbola asal Wales hanya tampil 10 kali dalam dua tahun terakhir ini. Dan itu artinya, ia seolah dibayar dengan nominal setara 1,26 juta pounds per pertandingan.

6. Joe Allen ke Stoke City | 13,95 juta pounds

usai 4  tahun bermain di bawah standar di Anfield, Joe Allen akhirnya berhasil dijual oleh Liverpool ke Stoke City dengan nominal cukup tinggi yakni  hampir 14 juta pounds. usai sebelumnya Joe diboyong Liverpool dari Swansea dengan harga yang jauh lebih rendah.

Sekali lagi, Liverpool menunjukkan cara mendatangkan uang dengan gampang dan elegan.

5. Jordon Ibe ke Bournemouth | 16,20 juta pounds

Kredit: liverpoolfc.com

Dalam 58 penampilannya untuk Liverpool, Ibe hanya mencetak 4 gol. Namun, Bournemouth entah bagaimana begitu yakin untuk menghabiskan 16 juta pounds lebih demi merekrut pemain sayap itu pada musim 2016, yang lalu. Saat memperkuat club barunya, Ibe bahkan tak mampu bermain lebih baik, ia hanya mencetak 5 gol dalam 92 pertandingan untuk The Cherries.

Bagaimana bisa Liverpool melakukan semua hal di atas?

4. Dominic Solanke ke Bournemouth |  20 juta pounds

Dalam 27 penampilan untuk Liverpool, Solanke hanya mencetak 1 gol,  akan tetapi  entah bagaimana cara The Reds meyakinkan Bournemouth untuk mengeluarkan 20 juta pounds. Sebuah harga yang tak wajar untuk ukuran pesepakbola yang tampil buruk.

3. Mamadou Sakho ke Crystal Palace  | 25,38 juta pounds

Kredit: liverpoolfc.com

Pesepakbola asal Prancis itu tampil cukup baik selama 4 tahun di Liverpool, akan tetapi pertanyaannya apakah Sakho layak bernilai 25 juta pounds ketika musim panas 2017 kala itu?  Jelas jawabannya tidak. Lagi-lagi Liverpool menuai laba.

2. Christian Benteke ke Crystal Palace | 28 juta pounds

Liverpool mungkin mengalami kerugian ketika mendatangkan Benteke dengan harga yang cukup tinggi yakni 32 juta pounds. Sebab pesepakbola Belgia itu tak dapat memenuhi ekspektasi, akan tetapi bukan Liverpool jika tak bisa menyiasati kerugian itu, Crystal Palace akhirnya mau menandatangani kontrak untuk Benteke dengan kesepakatan harga transfer 28 juta pounds.

Ini menunjukkan betapa cerdiknya Liverpool dalam melakukan negosiasi pemain.

1. Philippe Coutinho ke Barcelona | 130,50 juta pounds

Kredit: fcbarcelona.com

Tak ada yang bisa memungkiri, Coutinho hingga sekarang masih dinilai sebagai gelandang penuh ledakan, akan tetapi 130 juta pounds adalah nominal yang terlalu tinggi, dan Barcelona mau menebus itu, Liverpool mendapat banyak keuntungan bahkan penjualan Coutinho membantu mendanai kepindahan  Alisson Becker dan Virgil van Dijk, kita tahu bagaimana peran 2 pemain itu di barisan belakang The Reds.



Sumber