April 19, 2021

Aaron Chia/Woii Yik Targetkan Gelar Thailand Open Januari Mendatang

Berita Badminton: Ganda putra peringkat 1 nasional Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik bertujuan untuk memenangkan setidaknya satu dari dua turnamen Thailand Open mendatang untuk memulai tahun ini dengan awal yang gemilang.

Pasangan peringkat 9 dunia itu yakin mereka telah melakukan pekerjaan lapangan yang cukup selama latihan untuk meningkatkan permainan pertahanan mereka untuk menghadapi beberapa yang terbaik di dunia dalam turnamen beruntun yang dijadwalkan masing-masing pada 12-17 Januari dan 19-24 Januari 2021 mendatang.

Kompetisi di Bangkok akan menjadi dua turnamen pertama mereka sejak penampilan perempat final mereka di All England pada Maret.

Penakluk mereka, penyerang cepat yang juga pasangan peringkat 1 dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, mengekspos kelemahan pertahanan pasangan Malaysia saat pasangan Indonesia bermain-main dengan kemenangan 21-17 dan 21-19.

“Beberapa bulan terakhir adalah yang tersulit bagi kami dalam pelatihan. Untuk terus berlatih tanpa memiliki kesempatan untuk menguji diri kami sendiri adalah hal yang sulit,” kata Aaron Chia yang berusia 23 tahun.

“Kami sangat bersemangat untuk bersaing dalam kompetisi Thailand Open karena kami akan menunjukkan apa yang telah kami tingkatkan dalam latihan dan salah satu area adalah pertahanan kami,” ungkapnya.

Aaron mengakui bahwa mereka masih harus mengejar ketinggalan dengan unggulan teratas Marcus/Kevin dan tujuh pasangan unggulan turnamen lainnya yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2 dunia) dan Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto (6 dunia); Li Junhui/Liu Yuchen asal China (3 dunia), Keigo Sonoda/Takeshi Kamura dari Jepang (4 dunia) dan Endo Hiroyuki/Yuta Watanabe (5 dunia), Wang Chi Lin/Lee Yang dari Taiwan (7 dunia) dan pasangan Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung-jae (8 dunia).

“Di atas kertas, Indonesia dan Jepang kuat tapi semua pasangan unggulan lainnya juga sama tangguh,” ujar Woo Yik.

“Saya juga telah melatih kebugaran saya dan mempertahankan berat badan ideal saya. Semoga semua kerja keras kita membuahkan hasil yang baik. Tujuan kami adalah memulai tahun dengan memenangkan setidaknya satu gelar di Thailand,” tambahnya.

Aaron Chia dan Wooi Yik, yang berlatih di bawah pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele, adalah satu dari empat pasangan Malaysia yang akan berangkat ke Bangkok.

Runner-up All England 2019 akan didampingi oleh rekan setim Asosiasi Bulutangkis Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani serta pasangan independen Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Teo Ee Yi/Ong Yew Sin.

Aaron Chia dan Wooi Yik, peraih medali emas SEA Games Filipina 2019, belum pernah menjuarai turnamen besar meski sudah menunjukkan potensi besar selama dua tahun terakhir.

Dan dengan semua yang terbaik di dunia yang siap untuk tampil di Thailand, ini akan menjadi platform yang ideal bagi Aaron/Wooi Yik untuk membenarkan status mereka sebagai pasangan paling andal di negara itu.

Artikel Tag: Aaron Chia, Soh Woii Yik, thailand