September 27, 2020

Apakah Enam Gelandang di Tim Manchester United adalah Masalah? > Berita Manchester United

Manchester United sudah berhasil menggaet Donny van de Beek usai beberapa pekan sebelumnya dibaweli para suporternya terkait persoalan transfer. Namun, meski pembelian mantan pemain Ajax itu telah rampung, masih ada sedikit persoalan pelik yang menanti pasukan Setan Merah ke depan.

Persoalan itu adalah penumpukan pemain lini tengah. Memang, transfer pemain juga masih menjadi suatu persoalan yang perlu diselesaikan. Apalagi ditambah dengan situasi Jadon Sancho yang sampai sekarang belum jelas keterangannya. Tapi sekali lagi, persoalan menumpuknya lini tengah ini pun tentu saja tidak bolah diabaikan.

Di satu sisi, perekrutan Donny van de Beek juga sebelumnya sempat mengejutkan lantaran namanya tidak gencar dibicarakan sesering Sancho. Selain itu, Solskjaer juga tidak pernah secara terbuka mengungkapkan bahwa pemain seperti Van de Beek adalah target prioritas United. Tapi kemudian ia diresmikan oleh club pada pekan lalu.

Ole Gunnar Solskjaer tampaknya harus mulai menyusun rencana untuk mendapatkan yang terbaik dari Van de Beek. Pasalnya pemain berusia 23 tahun itu telah membuktikan bahwa ia adalah pemain yang sangat cakap dan serba bias di Ajax. Ia mampu berkontribusi di lini tengah dengan berperan sebagai pemain box-to-box, bermain sebagai pemain No. 8 dan No. 10.

Saat ini Solskjaer cuma perlu menyatukan dan memaksimalkan bentuk terbaik Van de Beek tersebut ke dalam skuatnya. Hanya saja Solskjaer juga harus tahu kalau pemain asal Belanda itu datang untuk mengisi area posisi yang sudah kuat. Jadi, hal ini otomatis akan membuat manajer asal Norwegia tersebut kudu memutar otaknya lagi untuk menemukan alternatif yang tepat.

Kalau mau mengutip pernyataan mantan pemain bertahan kiri asal Inggris Michael Gray, Van de Beek dinilai bisa menambah kedalaman skuat United. Meskipun menurutnya, United lebih bisa memilih pemain lain yang lebih penting dan lebih baik. Tapi pembelian Van de Beek sendiri bukanlah keputusan yang buruk.

“Ini adalah kejutan besar bagi saya bahwa Manchester United telah memilih Donny van de Beek sebelum mereka benar-benar mencoba merekrut Sancho. Dia (Van de Beek) bukanlah pemain bintang, dan saya pikir Manchester United akan memilih pemain lain,” tutur Gray dikutip dari TalkSports.

“Apakah Van de Beek adalah pemain yang mereka butuhkan? Jika Anda bertanya kepada saya di pertengahan musim lalu, tepatnya ketika Matic, Fred, dan McTominay mengalami inkonsistensi, saya akan mengatakan; ‘ya, dia adalah pemain yang bagus’. Tapi setelahnya, Matic tampil luar biasa, Fred juga bermain tidak buruk, dan McTominay telah kembali dari cederanya.”

“Jadi saya pikir pemain baru pertama United di bursa transfer seharusnya menjadi salah satu yang membuat semua orang membicarakannya. Seperti merekrut Sancho misalnya. Saya tidak mengatakan Van de Beek adalah pembelian yang buruk. Tapi, dia tidak akan banyak berubah di Manchester United sebagai gelandang bertahan.”

Walaupun di sisi yang lain, ada banyak poin tentang penilaian Gray barusan yang menjadi masalah. Termasuk bagaimana ia memandang McTominay dan Fred. Van de Beek bukanlah pengganti kedua pemain tersebut. Faktanya, ia lebih pantas menjadi semacam cadangan untuk Pogba atau Fernandes. Karena ia lebih nyaman terlihat bermain dari posisi No. 8.

Jika salah satu dari keduanya cedera, Van de Beek akan menjadi pendongkrak area posisi tersebut. Area posisi yang sangat kurang memuaskan di United sejak Sir Alex Ferguson pensiun. Selain itu, Solskjaer juga harus mulai menggunakan lebih banyak formasi alternatif di United untuk mendapatkan hasil maksimal dari skuatnya. Hal ini juga diperuntukkan sebagai cara terbaik dalam memainkan enam gelandangnya.

Bayangkan saja, Solskjaer sekarang memiliki Van de Beek, Fred, Matic, Pogba, Fernandes dan McTominay sebagai enam opsi lini tengah yang sangat baik. Jadi pilihannya adalah; ia akan memainkan empat pemain. Dengan Fred atau Matic di posisi gelandang bertahan, Fernandes atau Van de Beek di posisi No. 8, dan Pogba atau McTominay di antara kedua posisi tersebut.

Gray dan para pengkritik Van de Beek masih salah dalam melihat kedatangan Van de Beek ke Old Trafford. Manchester United membutuhkan opsi pemain di lini tengah untuk memperkaya visi permainan seperti ciri khas klasiknya. Selama musim ini, keenam gelandang Setan Merah akan memainkan peran mereka dengan maksimal. Dan Solskjaer hanya perlu menyesuaikannya hingga mencapai titik konsisten.



Sumber