November 26, 2020

Awal Mula club Eropa Bisa Daftarkan Pemain Bebas Transfer

KOMPAS.com – Beberapa pemain top dunia masih tanpa kontrak usai ikatan kerja dengan club lama mereka masing-masing berakhir.

Pemain-pemain seperti Daniel Sturridge, Jack Wilshere, dan Alexandre Pato masih tanpa club usai kontrak mereka di kubu sebelumnya dihentikan atau diakhiri usai melalui persetujuan bersama.

Kendati bursa transfer Eropa sudah ditutup per 6 Oktober 2020 pukul 05.00 WIB, para pemain ini masih dapat bergabung dengan club lain.

Hal ini sesuai Regulasi Status dan Transfer Pemain FIFA, terutama Pasal 3 yang membahas soal Registrasi Pemain.

Namun, situasi tak selalu seperti ini. Sebelumnya, FIFA bersikukuh kalau club tak dapat mendaftarkan pemain sama sekali di antara jendela transfer musim panas dan Januari.

Baca juga: 11 Pemain Top yang Masih Tanpa club usai Bursa Transfer Tutup

FIFA baru melonggarkan peraturan ini usai mendapat tekanan dari liga-liga terkemuka di dunia termasuk Liga Inggris dan Serie A Italia pada awal milenium.

Hal ini terpampang di surat FIFA kepada asosiasi anggota mereka pada September 2002.

“Aturan kaku periode registrasi transfer akan menyebabkan masalah serius bagi pemain yang masih mencari club,” tulis FIFA. 

“Para pemain ini tak akan mempunyai pendapatan dan, di sisi lain, mereka tak akan bisa mendaftarkan diri ke club baru ketika jendela transfer resmi telah ditutup.”

Kendati begitu, sebelum surat ini keluar pun, club-club Liga Inggris sebenarnya sudah melanggar aturan dengan mendatangkan pemain-pemain yang sudah tak dikontrak.

Sumber