December 1, 2020

Bartomeu Blak-blakan soal Keinginan Pergi Lionel Messi

Jakarta

Lionel Messi takkan dibiarkan pergi dari Barcelona untuk bergabung dengan rival club Catalan itu. Begitu kata Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu.

Musim panas lalu ada tanda tanya besar mengenai masa depan Messi di Barcelona. Itu terjadi usai pemain asal Argentina itu dikabarkan mengajukan permintaan agar bisa pergi dari Blaugrana, setahun sebelum kontraknya habis.

Saga (potensi) transfer itu lantas berakhir dengan pernyataan Lionel Messi bahwa dirinya memutuskan bertahan di Barca, di tengah-tengah munculnya kemungkinan hal itu berakhir di pengadilan jika terus berlarut-larut.

Di sisi lain La Pulga tetap terindikasi sudah tak lagi senang dengan kepemimpinan Bartomeu di Barca. Messi bahkan sempat menuding Bartomeu, yang kini posisinya juga sedang digoyang, sudah berbohong kepada dirinya.

Dalam wawancara pada pekan ini, Josep Maria Bartomeu pun bertutur mengenai sejumlah hal. Salah satunya adalah perihal situasi Lionel Messi pada musim panas lalu dan masa depannya di Barcelona.

“Saya dituduh ingin memaksakan sebuah transfer karena alasan finansial, demi menyeimbangkan neraca,” kata Bartomeu seperti dilansir ESPN.

“Itu tidak benar. Saya bertindak atas kepentingan club, siap dengan konsekuensi dengan menolak keinginan Messi untuk bergabung ke salah satu rival kami.”

Lionel Messi tidak pernah mengungkap ingin ke mana jika meninggalkan Barcelona. Tapi salah satu rumor yang berhembus adalah bahwa saat itu ia sudah bernegosiasi dengan Manchester City.

Bartomeu sendiri menyatakan maklum kalau Messi merasa frustrasi usai Barcelona digasak 2-8 oleh Bayern Munich pada saat itu. Tapi ia menegaskan pentingnya sosok Lionel Messi buat era baru Barca di bawah Ronald Koeman.

“Messi punya kontrak yang mengikat. Opsi untuk menggugurkan kontrak secara sepihak sudah kadaluarsa. Dan yang terpenting adalah memulai sebuah siklus baru bersama Messi di tim,” ujar Bartomeu.

“Saya paham ia mungkin kesal karena tak bisa pergi. Saya telah berusaha menjelaskan kepada dirinya dan keluarganya bahwa kami tak bisa membiarkan ia pergi. Ia adalah kunci proyeknya Koeman.”

“Saya berharap di masa depan ia akan bilang sudah merasa gembira, bahwa ia ingin memperpanjang kontrak dengan club, dan bahwa ia ingin menyudahi karier di sini,” tutur si presiden Barcelona mengungkap harapannya terkait Lionel Messi.

(krs/krs)