September 23, 2020

Bursa Transfer Dibuka Lagi Sebelum Shopee Liga 1 2020 Lanjut?

Jakarta

PT Liga Indonesia Baru (LIB) bicara potensi dibukanya bursa transfer pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. Kompetisi sudah diputuskan akan lanjut mulai 1 Oktober.

Bursa transfer bisa bermanfaat buat para club jika mengalami hal tak terduga soal rencana tim, salah satunya kontrak pemain. Contoh paling anyar adalah cabutnya Petteri Pennanen dari Tira Persikabo.

Pennanen sebenarnya masih terikat kontrak, namun ogah melanjutkan kariernya di Indonesia. Beruntung Laskar Padjadjaran memahami kondisi sang pemain dan berniat mencarikan club yang ingin meminangnya dengan biaya transfer.

Kasus pemain asal Finlandia itu akan membuat lubang di Tira Persikabo jika bursa transfer tak dibuka sebelum kompetisi dilanjut. Artinya, satu slot pemain asing Tira Persikabo tak terpakai.

Di satu sisi, tak ada jaminan bahwa Pennanen adalah satu-satunya pemain asing yang enggan melanjutkan kariernya di Tanah Air. Lalu, bagaimana jawaban PT LIB?

“Dalam waktu dekat kami berencana menggelar pertemuan virtual dengan para peserta Shopee Liga 1. Soal (transfer) pemain juga akan menjadi agenda diskusinya,” Kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, kepada wartawan.

Pertemuan virtual dengan para club memang menjadi salah satu rencana PT LIB sebelum melanjutkan kompetisi. Hal itu sudah tertuang dalam surat edaran PT LIB yang diterbitkan pada, Jumat (10/7/2020).

Dalam jadwal Transfer Matching System (TMS) FIFA, periode pendaftaran pemain untuk bursa transfer putaran pertama di Indonesia dibuka pada 1 Januari-21 Maret. Sementara pendaftaran tengah musim dibuka pada 20 Juli-19 Agustus.

Tentu jadwal di atas sudah tak berlaku mengingat pada periode pendaftaran pemain untuk bursa transfer tengah musim bakal berlangsung saat Liga 1 masih rehat. Hal serupa juga banyak terjadi di kompetisi sepakbola lainya dari segala belahan dunia.

Simak Video “Inter Milan Bikin Torino Babak Belur
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)


Sumber