September 21, 2020

BWF Perbarui Jadwal, Piala Thomas dan Uber Tak Ada Perubahan

Berita Badminton: Federasi Badminton Dunia (BWF) hari ini merilis versi terbaru dari jadwal turnamen. Menurut susunannya, Piala Thomas dan Piala Uber yang saat ini untuk sementara dijadwalkan dimulai pada 3 Oktober, dipastikan digelar sesuai jadwal, dan selanjutnya beberapa turnamen akan digelar di Denmark dan Asia.

Dipengaruhi oleh mewabahnya pandemi Covid-19 usai turnamen All England pada bulan Maret tahun ini, semua kompetisi BWF ditangguhkan. Piala Thomas, yang semula dijadwalkan diadakan di kota Aarhus, Denmark pada 20 Mei, juga telah ditunda sebanyak dua kali, dan saat ini dijadwalkan akan diadakan pada 3 hingga 11 Oktober.

Pekan lalu, BWF sekali lagi mengumumkan pembatalan semua turnamen di bulan September. Alhasil, menurut kalender yang diperbarui sebelumnya, Piala Thomas dan Uber akan menjadi ajang pertama kompetisi yang diadakan BWF.

Beberapa hari yang lalu, BWF mengirim email ke asosiasi anggota yang menyatakan bahwa pemerintah Denmark telah setuju untuk melonggarkan kebijakan masuk.

Tim yang akan berpartisipasi dalam Piala Thomas dan Uber tidak perlu menjalani karantina 14 hari, akan tetapi perlu melakukan pengujian asam nukleat dengan biaya sendiri, tiga hari sebelum kedatangan. Hanya mereka yang negatif yang bisa masuk ke negara itu. Ini tentu saja sangat meningkatkan persentase kemungkinan Piala Thomas dan Uber diadakan sesuai jadwal.

Bersamaan dengan itu, BWF juga memberikan sederet penjelasan tentang detail kejuaraan tersebut. Selama turnamen, pemain dari kedua sisi dapat menyentuh raket untuk mengganti berjabat tangan, dan menyapa orang lain hanya dengan menganggukkan kepala atau meletakkan tangan di dada.

Selama permainan berlangsung, raket ditempatkan di setiap sisi net. usai pemain mengajukan pergantian shuttlecock dan mendapat izin wasit, ia dapat mengambil sendiri shuttlecock dari wadah.

Meskipun Denmark melonggarkan kebijakan masuknya, banyak tim masih ragu apakah akan berpartisipasi.

Pelatih kepala tim nasional Malaysia, Wong Choong Hann, mengatakan bahwa tim putra dan putri Malaysia sangat ingin berpartisipasi, akan tetapi mereka harus menindaklanjuti perkembangan wabah dari waktu ke waktu untuk memastikan kesehatan anggota tim.

Selain itu, beberapa negara, termasuk China, masih dilarang masuk ke Eropa. Belum diketahui apakah tim China dapat berpartisipasi dalam Piala Thomas dan Uber tahun ini.

Di saat yang sama, BWF juga memperbarui jadwal dimana pada minggu ke-42 dan ke-43, Denmark Open dan French Open akan diadakan di Odense secara berturut-turut, keduanya adalah Super 750.

Kompetisi kemudian akan ditangguhkan selama dua minggu, memungkinkan kontestan untuk pindah ke Asia dan melakukan isolasi yang diperlukan. Dalam Minggu 46 dan Minggu 47, dua turnamen Super 1000 akan diadakan di Asia, dan Minggu 48 akan menjadi penyelenggaraan World Tour Finals. Namun, lokasi ketiga turnamen tersebut belum ditentukan.

Artikel Tag: BWF, Piala Thomas 2020, Piala Uber 2020, World Tour



Sumber