September 25, 2020

Chelsea Kini Jor-joran? Musim Panas 2003 Malah Beli 13 Pemain

Jakarta

Di tengah belanja jor-joran Chelsea musim panas ini, ingat enggak kalau di bursa transfer musim panas pada 17 tahun lalu the Blues pernah mendatangkan tak kurang dari 13 pemain? Termasuk di antaranya pemain-pemain dari Real Madrid dan Manchester United.

Thiago Silva dan Malang Sarr menjadi rekrutan teranyar Chelsea di musim panas. Sebelum itu di antaranya sudah ada rekrutan besar lain macam Ben Chilwell dan Timo Werner.

[Lihat video sesi latihan pertama Timo Werner di Chelsea]

Boleh jadi aktivitas belanja Chelsea ini belum akan berhenti. Santer dikabarkan Kai Havertz akan menyusul, dengan transfer yang diprediksi bisa sampai 90 juta paun alias pemecah rekor transfer club. Si Biru kabarnya juga masih membidik satu pemain bertahan dan kiper.

Aktivitas transfer klubnya Chelsea saat ini memang sudah sedemikian jor-joran. Tapi di musim panas 2003, klubnya Roman Abramovich itu malah lebih ‘gila belanja’ ketimbang sekarang.

Tak kurang 13 pemain didatangkan Chelsea, yang ketika itu ditangani Claudio Ranieri, pada musim panas 17 tahun yang silam. Diawali dengan dua kiper, Jürgen Macho dan Marco Ambrosio, yang direkrut secara free transfer dari Sunderland dan Chievo.

usai kedua pemain itu, full back Glen Johnson menyusul direkrut dari West Ham seharga 6 juta paun pada 15 Juli 2003. Sehari kemudian ada gelandang Geremi yang digaet dari Real Madrid seharga 7 juta paun.

Beberapa hari berselang, di tanggal 21 Juli, dua pemain baru sekaligus diperkenalkan. Ada full back Wayne Bridge (7 juta paun) yang diboyong dari Southampton dan winger Damien Duff (17 juta paun) dari Blackburn Rovers.

Juan Sebastian VeronJuan Sebastian Veron direkrut Chelsea dari MU pada musim panas 2003. Foto: Alex Livesey/Getty Images

Gebrakan berikutnya adalah memperkenalkan gelandang Inggris Joe Cole, yang saat digadang-gadang punya masa depan amat cerah, seharga 6,6 juta paun dari West Ham pada 6 Agustus. Nama tak kalah top ikut diumumkan pada hari yang sama: Juan Veron, yang digaet dari Manchester United dengan nilai transfer mencapai 15 juta paun.

usai enam pemain anyar di bulan Juli, plus Cole dan Veron yang “membuka” bulan Agustus, gerbong pemain baru Chelsea belum berhenti. Giliran penyerang Adrian Mutu yang digaet dari Parma seharga 15,8 juta paun pada 12 Agustus 2003.

Dalam kurun waktu lima hari terakhir di bulan Agustus 2003, sebanyak empat pemain kemudian direkrut Chelsea. Ada dua pemain tengah dan masing-masing satu penyerang dan kiper.

Diawali dengan Alexey Smertin, gelandang Rusia yang direkrut dari Bordeaux seharga 3,45 juta paun pada 26 Agustus. Lalu striker Hernan Crespo yang ditebus dari Inter Milan seharga 16,8 juta paun pada 26 Agustus.

Berikutnya ada Neil Sullivan, kiper ketiga yang diboyong Chelsea pada musim panas itu, dengan tebusan 500 ribu paun dari Tottenham Hotspur. Ia direkrut pada 29 Agustus.

Pembelian pamungkas Chelsea, dan relatif dapat disebut sebagai salah satu yang terpenting pada eranya, terjadi pada 31 Agustus 2003. Ada Claude Makelele yang direkrut dari Real Madrid seharga 16 juta paun.

Dalam catatan talkSPORT, untuk ke-13 pemain tersebut Chelsea menggelontorkan tak kurang dari 110 juta paun yang saat itu terbilang sebagai jumlah sangat luar biasa. Ini belum termasuk satu pembelian lagi di bursa transfer musim dingin, ketika si Biru memboyong Scott Parker, seorang gelandang lain, seharga 10 juta paun dari Charlton Athletic.

(krs/nds)


Sumber