January 22, 2021

Dortmund Segera Datangkan Gelandang Muda Real Madrid

Dortmund merekrut Reinier Jesus dengan status pinjaman dari Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND — Borussia Dortmund dikabarkan segera mendatangkan gelandang muda Real Madrid, Reinier Jesus, pada bursa transfer mendatang. Namun, perekrutan Jesus dari Madrid bukanlah berstatus kepindahan secara permanen, melainkan sebagai pemain pinjaman.

Jesus didatangkan Madrid dari Flamengo pada pertengahan musim lalu dengan nilai transfer mencapai 30 juta euro. Namun, sebelum dipercaya tampil buat tim utama Los Blancos, gelandang berusia 18 tahun itu lebih dulu ditempatkan di Real Madrid Castilla.

Bersama tim junior Madrid itu, Jesus sukses mengemas dua gol dalam tiga kali kesempatan tampil di pentas Segunda Division B pada musim lalu.

Namun, Madrid belum memiliki rencana mempromosikan Jesus ke tim utama. Alhasil, Jesus pun siap dipinjamkan ke club lain pada musim depan. Dari sejumlah club yang menyatakan ketertarikan meminjam Jesus, Los Blancos dikabarkan siap meminjamkan Jesus ke Borrusia Dortmund.

”Negosiasi antara kedua club sudah memasuki tahap lanjutan. Dortmund kabarnya akan meminjam Jesus selama satu musim penuh dengan opsi penambahan masa peminjaman pada musim berikutnya,” tulis laporan ESPN, Ahad (16/8).

Bahkan, seperti dilansir Bild, Jesus dikabarkan sudah bersiap bergabung bersama skuat Dortmund begitu Die Borussen menyelesaikan pemusatan latihan di Swiss pada awal pekan depan. Kendati begitu, kesepakatan peminjaman Jesus tersebut tidak menyertakan opsi pembelian permanen pada akhir masa pinjaman.

Proposal peminjaman Jesus ini disebut mirip seperti saat Dortmund meminjam Achraf Hakimi dari Madrid pada awal musim 2018/2019. usai melakoni masa peminjaman selama semusim, Hakimi kembali memperkuat Dortmund pada musim 2019/2020 dengan status pemain pinjaman dari Madrid. Akhirnya, alih-alih kembali ke Madrid, Hakimi dilepas oleh manajemen Los Blancos ke Inter Milan dengan status pembelian permanen.

Di sisi lain, skema peminjaman pemain ini menjadi langkah yang diambil manajemen Dortmund usai tekanan terhadap keuangan club akibat pandemi Covid-19. Apalagi, Dortmund baru saja merekrut dua pemain sekaligus, Erling Haaland dan Jude Bellingham.

Sementara Haaland ditebus Dortmund dengan nilai transfer mencapai 20 juta euro pada Januari lalu, Dortmund mendatangkan Bellingham dengan banderol tranfer mencapai 25 juta pound.

Angka transfer ini mengantarkan Bellingham menjadi pemain berusia 17 tahun termahal dalam sejarah sepak bola. Kondisi ini membuat Dortmund bakal kesulitan saat harus merekrut pemain dengan nilai transfer selangit pada bursa transfer pemain.

”Kami sudah tak memiliki dana lagi mendatangkan pemain. Saat Anda kehilangan empat juta euro di setiap pertandingan akibat tak adanya penonton, maka Anda akan melakukan perhitungan yang ketat. Jelas, kami tak bisa lagi mendatangkan pemain dengan nilai transfer tinggi,” kata CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, seperti dilansir DBA, beberapa waktu lalu.



Sumber