December 4, 2020

Frances Tiafoe Positif COVID-19 Di Ajang Atlanta

Berita Tenis: Pihak penyelenggara DraftKings All-American Team Cup di Atlanta menerima kejutan besar usai dikonfirmasi bahwa salah satu petenis yang berpartisipasi di ajang tersebut positif terpapar COVID-19 pada hari Jum’at (03/07) waktu setempat.

Petenis AS, Frances Tiafoe telah dikonfirmasi bahwa ia terpapar COVID-19 usai melakukan tes kemarin malam. Hal tersebut menjadi kasus COVID-19 pertama di antara para petenis yang melakoni turnamen di luar Eropa.

Pengumuman tersebut mencuat usai Tiafoe mengundurkan diri dari ajang tersebut dengan asumsi pertama bahwa ia mengalami cedera. Tiafoe meminta jeda dengan alasan medis selama set kedua pada pertandingan melawan rekan senegaranya, Sam Querrey.

“Sayangnya, saya positif COVID-19 pada Jum’at (03/07) malam dan harus mengundurkan diri dari All-American Team Cup di Atlanta akhir pekan ini,” aku petenis peringkat 81 dunia, Tiafoe.

“Selama dua bulan terakhir, saya telah berlatih di Florida dan menjalani tes satu pekan lalu dengan hasil negatif sebelum pergi ke Atlanta. Saya dijadwalkan untuk menjalani tes kedua pada awal pekan depan, akan tetapi saya telah mulai mengkarantina diri sesuai yang disarankan ahli medis di Atlanta. Meski saya begitu senang untuk bisa kembali ke lapangan, kesehatan dan keselamatan semua orang harus tetap menjadi prioritas utama.”

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pihak penyelenggara All-American Team Cup, mereka mengkonfirmasi bahwa Tiafoe memperlihatkan sejumlah gejala terserang virus tersebut usai pertandingan sebelum kemudian hasil tes menunjukkan positif. Meski mereka tidak menyebutkan secara spesifik gejala apa yang dialaminya. Ajang tersebut akan terus diselenggarakan dan Tiafoe digantikan oleh Christopher Eubanks.

“Frances Tiafoe positif terinfeksi COVID-19. Seperti semua petenis, Tiafoe menjalani tes sebelum datang ke Atlanta dan lolos tes temperatur harian. usai pertandingan, ia memperlihatkan sejumlah gejala, dites kembali, dan hasilnya positif,” ungkap direktur turnamen, Eddie Gonzalez.

“Tiafoe telah meninggalkan venue turnamen dan tidak akan berpartisipasi di sisa turnamen. usai mendapatkan informasi tersebut, dengan cepat kami membersihkan dan mengdesinfeksi secara menyeluruh di area venue serta memberlakukan protokol pelacakan kontak dan mewaspadai individual yang mungkin telah terekspos. Kesehatan dan keselamatan para petenis, staf, dan penonton menjadi prioritas utama. Kami akan terus menerapkan semua arahan dari pihak kesehatan setempat.”

Meski Gonzalez telah menjamin, masih ada pertanyaan yang tersisa, terutama usai Tiafoe yang dalam wawancara usai pertandingannya pada hari Jum’at (03/07) menyatakan bahwa ia merasa tidak enak badan dalam beberapa hari terakhir, akan tetapi masih memutuskan untuk tetap bertanding di turnamen tersebut.

Tiafoe menjadi petenis teranyar yang positif terinfeksi COVID-19 yang berdekatan dengan waktu turnamen tenis akan dilanjutkan. Sebelumnya, Adria Tour menjadi tempat penyebaran COVID-19 ketika digelar di Zadar, Kroasia dengan Grigor Dimitrov, Borna Coric, Victor Troicki, dan Novak Djokovic yang menjadi korban. Sementara di Eastern European Championships pekan lalu, dua petenis yang berpartisipasi juga positif COVID-19.

Artikel Tag: Tenis, Frances Tiafoe, Novak Djokovic, Grigor Dimitrov



Sumber