April 19, 2021

Hafiz/Gloria Tersingkir, Soon Huat/Shevon Punya Peluang Emas

Berita Badminton : Goh Soon Huat dan Shevon Jemie Lai menorehkan kemenangan perdananya sebagai pemain profesional di Swiss Open dan dalam proses kualifikasi Olimpiade Tokyo mereka.

Pasangan peringkat 10 dunia itu menundukkan Eloi Adam/Margot Lambert dari Perancis 21-18 dan 21-14 akan tetapi kekalahan Hafiz Faizal dan Gloria Widjaja dari Indonesia di Basel pada hari Selasa, memberikan mereka dorongan yang luar biasa untuk tiket ke Olimpiade.

Soon Huat dan Shevon sekarang akan memiliki motivasi ekstra untuk mengamankan gelar minggu ini dan menambah tekanan pada Hafiz dan Gloria yang kalah 18-21 dan 10-21 dari Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnapa dari India.

Dengan Perlombaan ke Tokyo dilanjutkan di Swiss Open minggu ini, Soon Huat/Shevon harus masuk ke posisi delapan besar untuk lolos bersama rekan senegaranya, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yang saat ini berada di peringkat 7 klasemen.

Tersingkirnya Hafiz dan Gloria membuat mereka tidak dapat menambah poin untuk mengangkat mereka dari posisi 8 yang mereka tempati saat ini.

Setiap negara diperbolehkan mengirim dua kualifikasi untuk Olimpiade jika mereka berada di peringkat delapan besar.

Soon Huat dan Shevon dapat secara signifikan mengurangi defisit di posisi delapan besar dengan mencapai semifinal atau lebih baik pada minggu ini.

Pesaing lain yang berada di depan mereka adalah Marcus Ellis/Lauren Smith dari Inggris (No. 10) dan Tang Chun Man/Tse Ying Suet dari Hong Kong (No. 9). Ellis/Smith juga berhasil mencapai babak kedua sementara pasangan Hong Kong tersebut tidak berada di Basel.

Namun, Shevon menolak terbawa oleh kesialan saingan mereka.

“Meskipun mereka (Hafiz-Gloria) kalah lebih awal, itu tidak akan berdampak banyak kecuali kami melakukannya dengan baik. Ini bagi kami untuk mengubah situasi ini menjadi keuntungan kami,” kata Shevon.

“Tetap saja, kami memiliki beberapa hal yang harus dilakukan di turnamen mendatang. Tidak hanya di Hafiz-Gloria karena ada juga pasangan Inggris dan Hong Kong yang berada di depan kami.”

“Untuk saat ini, yang perlu kita lakukan adalah mencoba dan mendapatkan poin sebanyak mungkin dan melihat bagaimana hasilnya.”

“Meski begitu, kami mengambilnya satu turnamen pada satu waktu. Untuk minggu ini, kami pasti ingin mengejar gelar Swiss Open. Itulah tujuan akhir kami,” ungkapnya.

Peng Soon/Liu Ying dan pasangan profesional baru lainnya Tan Kian Meng/Lai Pei Jing juga melaju ke babak kedua.

Peng Soon/Liu Ying menangkis tantangan sengit dari pasangan Thailand, Nipitphon Phuangphuapet-Benyapa Aimsaard untuk menang 21-15, 15-21 dan 21-19 sementara Kian Meng/Pei Jing berada di elemen mereka untuk mengalahkan pasangan muda Indonesia, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso 21-13 dan 21-12.

Pasangan nomor 29 dunia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See dan No. 60 Chen Tang Jie/Peck Yen Wei gagal tampil mengesankan karena keduanya kalah dari lawan asal Perancis.

Pang Ron/Yee See gagal mereplikasi perjalanan semifinal brilian mereka di Thailand Open II bulan lalu saat mereka dikalahkan 19-21,17-21 oleh Ronan Labar/Anne Tran sementara Tang Jie/Yen Wei kalah 12-21, 17-21 oleh peringkat 11 dunia, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Artikel Tag: Goh Soon Huat, Shevon Jemie Lai, Hafiz Faisal, Gloria Emanuelle Widjaja, Swiss Open 2021