October 25, 2020

Henhen Tegaskan Tetap Profesional Meski Main Bukan di Posisi Asli

Berita Liga 1 Indonesia : Henhen Herdiana dipasang sebagai pemain bertahan tengah dalam beberapa game internal dan uji coba. Pria berusia 25 tahun itu dipasang berdampingan dengan Fabiano Beltrame di jantung pertahanan.

Berposisi asli sebagai full back kanan, sang pemain mengaku tidak canggung untuk bermain sebagai stoper. Karena ketika membela Diklat Persib juga dirinya sudah kerap dimainkan di posisi itu oleh Jaino Matos.

“Memang di Persib U-21 saya pernah diplot sebagai center back oleh coach jaino, jadi tidak sedikit kesulitan ketika coach butuh saya di center back,” terang dia kepada awak media ketika diwawancara secara virtual, Rabu (23/9).

Menurutnya penting untuk bersikap profesional dan bermain maksimal meski pelatih tidak menempatkannya di posisi yang asli. Setiap kesempatan harus dijawab sebaik mungkin dan Henhen berusaha melakukan itu.

“Harus tetap profesional, karena sebagai pemain sepakbola harus bisa mengikuti keinginan yang coach mau. Saya harus mampu menjalankan itu ketika berada di dalam di lapangan,” kata dia menjelaskan.

Jebolan Diklat Persib itu bermain apik bersama Fabiano di posisi Stoper terutama kala membantai Mandala Majalengka dengan skor 26-0. Namun menurutnya, debut sebagai pemain bertahan tengah di tim senior sudah dilakukan di pramusim 2020 lalu.

“Itu bukan pertama kali duet dengan Fabiano bahkan ketika bermain di Malaysia, ketika menang lawan Hanoi itu Henhen pertama kali menjadi center back bersama Fabiano,” terang pemain bernomor punggung 12 tersebut.

Dipasangkan bersama Fabiano Beltrame pun dikatakan Henhen menjadi keuntungan tersendiri. Karena pengalamannya ketika menggalang pertahanan bisa menambah ilmu bagi Henhen dalam meredam serangan lawan.

“Ada keuntungan sangat berharga bermain sama pemain senior dan pengalaman, bisa menjadi contoh juga bermain di posisi itu. Jadi profesional saja, sebagai pemain siap-siap saja,” terangnya.

Lebih jauh, anggota tim Jawa Barat di PON 2016 itu mengaku sudah siap untuk tampil di lanjutan Liga 1 2020. Karena ia telah diberi berbagai menu latihan oleh Robert Rene Alberts dan jajaran selama lebih dari satu bulan.

“Dua minggu menjelang kompetisi persiapan ya kita sebagai pemain sudah disiapkan oleh pelatih, pelatih fisik, semua dalam segi strategi fisik dalam berlatih, kita juga sudah diberikan penguatan mental ketika menghadapi pertandingan pertama,” tandasnya.

Artikel Tag: Henhen Herdiana, Persib



Sumber