December 1, 2020

Jannik Sinner Lumpuhkan Adrian Mannarino Di Sofia Open

Berita Tenis: Jannik Sinner menjadi petenis Italia termuda di Open Era yang lolos ke final turnamen ATP usai ia melenggang ke final Sofia Open musim 2020.

Petenis berusia 19 tahun mengamankan ketiga break point yang ia hadapi dan mengkonversi kedua break point yang ia ciptakan dalam perjalanan mengklaim 6-3, 7-5 atas petenis berkebangsaan Perancis, Adrian Mannarino dalam waktu 87 menit.

Petenis berkebangsaan Italia menjadi petenis termuda yang melaju ke final turnamen ATP sejak Felix Auger Aliassime yang menjadi runner up di Stuttgart musim lalu.

“Rasanya menyenangkan berada di final, melakoni satu pertandingan lagi, bagi saya itu hal yang paling penting,”seru Sinner.

“Kali ini saya merasa cukup baik di lapangan dan sungguh luar biasa bagi saya melakoni final pertama saya pada musim ini. Saya sangat menantikan pertandingannya.”

Kali ketiga menjadi keberuntungan bagi petenis peringkat 44 dunia usai ia kalah di dua semifinal dari turnamen hard-court dalam ruangan. Ia mengalahkan dua petenis unggulan secara beruntun dalam perjalanan menuju final Sofia Open musim ini.

Sebelum mencetak kemenangan atas Mannarino, ia bangkit usai kecolongan set pertama sebelum menumbangkan petenis unggulan ketiga, Alex De Minaur di perempatfinal.

Kesuksesan petenis berusia 19 tahun di Sofia Open terjadi satu musim usai gebrakannya di Next Gen ATP Finals, Milan ketika ia berhasil membawa pulang gelarnya. Ia memasuki turnamen di Milan dengan berada di peringkat 95 dunia dan sejak saat itu peringkatnya mengalami peningkatan. Menghuni peringkat 44 dunia, ia menjadi petenis termuda di peringkat 100 besar.

Sinner akan berusaha menjadi petenis termuda yang menjadi juara turnamen ATP usai Kei Nishikori menjadi juara di Delray Beach Open musim 2008. Demi memperebutkan gelar, petenis berusia 19 tahun akan berhadapan dengan petenis berkebangsaan Kanada, Vasek Pospisil untuk kali pertama dalam kariernya.

Dari kedudukan 6-7, 1-2, Pospisil berhasil mengklaim 11 game secara beruntun untuk menumbangkan rekan senegara Mannarino, Richard Gasquet dengan 6-7, 6-2, 6-0. Berkat kemenangan tersebut, Pospisil melaju ke final keduanya pada musim ini.

Runner up di Montpellier musim ini, Pospisil mendaratkan 19 ace dan mengkonversi limadari tujuh peluang break point yang ia ciptakan sebelum semakin unggul dalam head to head melawan Gasquet dengan 4-2.

Sinner atau Pospisil akan menjadi petenis keenam yang menjadi juara turnamen ATP untuk kali pertama pada musim ini, usai Ugo Humbert (Auckland), Casper Ruud (Buenos Aires), Thiago Seyboth Wild (Santiago), Miomir Kecmanovic (Kitzbuhel), dan John Millman (Nur-Sultan).

Artikel Tag: Tenis, Sofia Open, Jannik Sinner, Vassek Pospisil, Adrian Mannarino