September 28, 2020

Javi Martinez Capai Kesepakatan Personal dengan Bilbao

Namun, belum kesepakatan antara Muenchen dan Bilbao soal banderol transfer pemain

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN — Gelandang bertahan Bayern Muenchen, Javi Martinez, dikabarkan telah mencapai kesepakatan personal dengan manajemen Athletic Bilbao terkait kemungkinan hijrah ke tim asal Basque tersebut. Gelandang berusia 32 tahun itu berniat kembali ke club yang telah membesarkan namanya usai delapan musim memperkuat Muenchen.

Keberhasilan membawa Bilbao ke partai final Liga Europa dan Copa del Rey pada musim 2011/2012 sudah cukup membuat Muenchen tertarik memboyong Martinez ke Stadion Allianz Arena. Akhirnya, pada Agustus 2012, Die Bayern mengaktifkan klausa pelepasan Martinez dan menebusnya dengan nilai transfer mencapai 40 juta euro.

Kini, usai delapan musim dan berhasil mempersembahkan delapan titel Bundesliga Jerman dan lima trofi DFP Pokal serta dua gelar Liga Champions, Martinez berniat untuk mengakhiri kiprahnya bersama Die Bayern. Terlebih, pada musim lalu, Martinez jarang mendapatkan kesempatan tampil. Pemain yang mengantarkan Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 itu hanya mencatakan 24 caps di semua ajang pada musim lalu.

Martinez pun disebut-sebut berharap kembali ke Bilbao, club yang pernah dibelanya selama enam musim tepatnya pada musim 2006/2007 hingga musim 2011/2012. ”Kendati memiliki opsi untuk bermain di MLS, atau memperkuat sejumlah club di Liga Italia dan Liga Prancis, Martinez berniat kembali ke Bilbao. Martinez sudah mencapai kesepakatan personal untuk bergabung bersama Bilbao,” tulis laporan Marca, Kamis (4/9).

Satu-satunya kendala kepindahan Martinez itu adalah belum tercapainya kesepakatan antara Muenchen dan Bilbao soal banderol transfer pemain yang masih memiliki sisa kontrak selama satu tahun bersama Muenchen tersebut. Die Bayern membanderol Martinez dengan nilai transfer mencapai 12 juta euro, sementara Bilbao berharap bisa menebus Martinez dengan nilai transfer tidak lebih dari 10 juta euro.

Kabarnya, kedua club masih terus melakukan negosiasi, termasuk dengan kemungkinan skema peminjaman ataupun menyertakan pemain lain dalam transfer Martinez. Sebelumnya, CEO Muenchen, Karl-Heinz Rummenige, mengungkapkan, Martinez memang telah menyatakan keinginannya untuk hengkang dari Muenchen.

”Javi tengah berusaha untuk hengkang dari club ini. Dia masih memiliki satu tahun di kontraknya. Namun, kami tidak akan mempersulit kepindahan tersebut. Kami akan menemukan solusi yang tepat saat Martinez sudah menemukan club pilihannya,” kata Rummenige seperti dilansir Bild, Agustus lalu.



Sumber