November 26, 2020

Manfaatkan Jeda Liga 1, Pelatih Persik Aktif Berbagi Ilmu

Berita Liga 1 Indonesia: Jeda Liga 1 Indonesia 2020 karena pandemi virus Corona atau Covid-19 dimanfaatkan Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo untuk berbagi ilmu. Ia terpantau mulai aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan edukasi bertopik sepak bola.

Di luar kegiatan kepelatihan, Joko Susilo memang terkenal aktif dalam kegiatan edukasi bertopik sepak bola, khususnya pengembangan usia dini. Dia sering mengadakan seminar, diskusi bersama maupun coaching clinic.

Materi-materi yang dibawakan mayoritas dari seminar-seminar kepelatihan profesional. Selain itu terkadang dia juga menggunakan hasil riset pribadinya sendiri dari pengalamannya sebagai pelatih.

Mantan asisten timnas Indonesia tersebut mengatakan sejauh ini kegiatan yang dilakukan berjalan baik dan lancar. Meskipun berlangsung ditengah pandemi namun tidak mengurangi antusiasme peserta untuk hadir datang langsung ke lokasi seminar.

“Mereka senang sekali dan banyak sekali yang datang. Kebanyakan mereka yang ikut sudah masuk kepelatihan jadi sangat membutuhkan tambahan pengetahuan itu,” kata Joko Susilo seperti dilansir laman resmi Liga Indonesia.

Meskipun demikian, Joko selalu berusaha menerapkan protokol-protokol kesehatan disetiap kegiataanya. Ini kemudian yang menjadi pembeda dengan kegiatan coaching clinic yang dilakukan saat sebelum pandemi menyerang.

Tidak ada kendala yang berarti dalam menerapkan protokol kesehatan. Kebetulan mayoritas peserta coaching clinic adalah pelatih-pelatih dewasa sehingga lebih mudah dikoordinasi.

“Perbedaan hanya social distancing saja. Saya coaching pelatih-pelatihnya, jadi hanya kami imbau untuk menjaga jarak,” pungkasnya.

Kompetisi sepak bola tanah air sendiri masih dalam masa penghentian untuk sementara waktu. Rencananya, Liga 1 dan Liga 2 akan kembali diguliarkan pada September atau Oktober nanti.

Artikel Tag: Liga 1, Persik Kediri, joko susilo



Sumber