December 5, 2020

Penantian Panjang 30 Tahun Liga Premier, Liverpool Ternyata Sudah Datangkan 218 Pemain

Transfer Liverpool pertama usai kemenangan gelar liga musim 1989-90 adalah untuk menjadikan pinjaman Ronny Rosenthal dari Standard Liege menjadi permanen dengan biaya sekitar 1 juta pound kala itu.

Striker Israel itu menjadi yang pertama dari 218 pemain yang dibawa oleh club antara kemenangan liga ke-18 dan ke-19 mereka, diakhiri dengan perekrutan Takumi Minamino seharga 7.25 juta pound di jendela transfer Januari lalu.

Tak bisa dipungkiri transfer yang dilakukan Liverpool tak selamanya berjalan dengan baik dan lancar. Banyak juga nama-nama flop yang gagal memenuhi ekspektasi publik.

Sebut saja Luis Suarez atau Virgil van Dijk, ada Torben Piechnik, Bruno Cheyrou dan Sean Dundee yang menjadi rekrutan tersukses.

Dan kemudian ada kegagalan saat membawa nama seperti Andy Carroll (35 juta pound, enam gol dalam 44 pertandingan liga), Christian Benteke (32,5 juta pound, sembilan dalam 29) atau Mario Balotelli (16 juta pound, satu dari 16).

Periode paling produktif mereka dalam merekrut nama baru adalah antara 2005 dan 2008, ketika club membawa 40 pemain baru hanya dalam tiga musim di bawah Benitez.

Ini termasuk sejumlah nama yang tampil cukup konsisten, sebut saja Pepe Reina, Dirk Kuyt, Lucas Leiva dan Fernando Torres. Beberapa tidak berhasil seperti Mark Gonzalez dan Jermaine Pennant)dan beberapa orang tidak ingat bahwa Liverpool pernah memiliki pemain seperti Gabriel Paletta dan Sebastian Leto dan masih banyak lainnya.

Tidak dapat dihindari lagi bahwa selama 30 tahun terakhir club telah menghabiskan sekitar 1,47 miliar pound untuk mendatangkan pemain baru dalam usaha meraih gelar liga ke-19 mereka. Berikut pengeluaran transfer Liverpool dalam 30 musim terakhir menurut laman BBC:

Sumber