March 2, 2021

Pengeluaran Transfer Pemain Internasional Turun Hampir USD 1,9 Miliar Selama Pandemi

PORTAL JEMBER – club sepak bola menghabiskan hampir USD 1,9 miliar lebih sedikit untuk transfer pemain internasional selama bursa transfer pemain ketika musim panas di Eropa dibandingkan tahun lalu.

Gangguan pada industri sepak bola akibat pandemi Covid-19 memperpanjang masa transfer selama lima minggu hingga Oktober dan juga kehilangan miliaran dolar akibat berkurangnya pendapatan dalam kesepakatan penyiaran dan penjualan tiket.

Sistem pemantauan transfer FIFA mencatat pengeluaran sebesar USD 3,92 miliar untuk para pemain yang berpindah antarklub di berbagai negara.

Baca Juga: Demo UU Cipta Kerja Meletus, Rizal Ramli: Mas Jokowi Jangan Kabur Dong, Katanya Pemberani

Penjualan mencapai USD 5,8 miliar dalam periode musim panas yang lebih pendek di tahun 2019. Sejak 2010 club telah diwajibkan untuk membagikan rincian keuangan perpindahan pemain dengan platform FIFA, dikutip PORTAL JEMBER dari Channel News Asia.



club-club Eropa adalah yang paling banyak membelanjakan uangnya dengan membayar USD 3,78 miliar, dengan club-club Inggris membelanjakan paling banyak sebesar USD 1,25 miliar yang tutup pada Senin lalu.

club Italia menghabiskan USD 544 juta untuk membeli pemain dari luar negeri. Uang yang beredar menunjukkan club-club Eropa juga menerima USD 3,5 miliar sebagai biaya transfer.

club Spanyol menerima USD 672 juta, club Italia USD 484 juta, dan USD 396 juta ke Inggris.

Angka FIFA hanya memberikan gambaran sebagian karena tidak termasuk kesepakatan transfer antar club di negara yang sama. Terdapat transfer besar-besaran dari Eropa ke Amerika Selatan.



Sumber