September 29, 2020

Pep Guardiola Punya Indera Keenam Ampuh di Bursa Transfer, Pembelian 8 Pemain Ini Jadi Bukti Sahihnya

Dua musim usai Guardiola menjadi pelatih, Barcelona mendulang tambahan dua gelar La Liga, satu trofi Liga Champions, dan yang paling mengagumkan adalah sepak bola mereka yang terkenal dengan tiki-taka. 

Pada akhir Agustus 2011, usai negosiasi alot dengan Liverpool, Barcelona memboyong Javier Mascherano hanya dengan banderol 20 juta euro. 

Gaya bermain Mascherano tidak setipe dengan bintang Barca lain seperti Xavi, Andres Iniesta atau Sergio Busquets. Namun, kontribusinya di lapangan sangat krusial menjaga Blaugrana tetap di puncak. Dia bisa menyatu dengan filosofi sepak bola Guardiola. 

Dia datang sebagai gelandang dan berakhir mengikuti jejak Puyol.  Pertama dia memenangi Liga Champions bersama Barcelona dan mengulanginya lagi di era Luis Enrique.

Bisa dibilang Mascherano adalah salah satu rekrutan terbaik Guardiola di Barcelona. Bahkan, banderolnya jauh di bawah mahar yang harus dikeluarkan Barca saat merekrut Cesc Fabregas dari Arsenal pada tahun yang sama. Saat itu, Barcelona harus membayar 34 juta euro untuk Fabregas. 

 

Sumber