September 27, 2020

Persib Bandung Berita Online | simamaung.com » Marak club Seleksi Pemain Muda Brasil, Begini Respon Persib

Friday, 21 August 2020 | 19:38


Tiga club Liga 1 2020 mendatangkan pemain muda asal Brasil di masa persiapan jelang bergulirnya lagi kompetisi. Dua pemain sudah dikontrak Arema, dua pemain menjalani seleksi bersama Persija dan satu lainnya resmi bergabung dengan Madura United. Isu soal mereka akan dinaturalisasi pun mengemuka.

Kelima pemain tersebut memang masih berusia di bawah 20 tahun dan disebut-sebut jadi proyek PSSI. Mereka akan dinaturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia di gelaran Piala Dunia U-20 2021. Di tengah maraknya spekulasi mengenai kedatangan pemain-pemain Brasil itu, Robert Rene Alberts memilih untuk bungkam.

“Ada banyak cerita di luaran sana, dan ada banyak perbedaan berita satu sama lain. Jadi kami di Persib memilih untuk tak memberikan komentar atas isu ini,” jelas juru racik taktik tim Maung Bandung tersebut ketika diwawancara secara virtual pada Jumat, (21/8).

Robert juga menambahkan bahwa Persib tak akan mengikuti jejak ketiga club tersebut dengan mendatangkan pemain asing belia. Menurutnya tidak memungkinkan Persib merekrut pemain anyar di waktu dekat karena dalam regulasi, jendela transfer paruh musim baru dibuka pada Desember mendatang.

“Peraturan diatur dengan sangat jelas untuk Liga 1 2020 bahwa setiap pemain dari sesama anggota Liga 1 tidak bisa bermain untuk tim lain sepanjang musim ini. Akan ada jendela transfer pada bulan Desember,” terang pelatih kelahiran Amsterdam itu.

“Dan regulasinya saat ini adalah jika ada pemain yang tak mau penyesuaian kontrak sebesar 50 persen dari total nilai kontrak di awal, pemain punya hak untuk tidak menerima itu. Tapi club tidak boleh merekrut pemain asing lain karena tak ada jendela transfer untuk saat ini,” lanjutnya.

Dalam peraturan yang sudah disepakati oleh PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, club tidak bisa merekrut pemain dari sesama club Liga 1. club boleh mendatangkan pemain baru di jendela transfer paruh musim asalkan pemain tersebut sebelumnya tidak terdaftar sebagai awak tim Liga 1 2020.

“Transfer window itu baru akan dibuka pada Desember mendatang, jadi kami tak bisa merekrut pemain sesama anggota Liga 1. Jadi kami hanya akan menaikan pemain dari tim U-20 karena itu sudah jadi peraturannya, harus ada dua pemain U-20 di dalam 18 nama penghuni daftar susunan pemain (DSP) di setiap pertandingan,” tukasnya.




Sumber