September 21, 2020

Pirlo Ajak Nesta ke Juventus

Jakarta

Alessandro Nesta dikabarkan sedang didekati Juventus. Pelatih baru Bianconeri, Andrea Pirlo, menginginkannya masuk dalam jajaran staf.

Pirlo sedang melakukan perombakan di skuad Juventus jelang bergulirnya musim depan. Ia berencana memangkas pemain-pemain yang tak dibutuhkan lagi dalam skema bermainnya. Blaise Matuidi sudah ‘didepak’, sementara Gonzalo Higuain dan Sami Khedira dikabarkan sedang dalam proses.

Namun bukan hanya itu saja yang dipikirkan oleh Pirlo. Dalam debut perdananya sebagai allenatore, ia juga ingin dikelilingi oleh staf-staf handal sekaligus yang lebih berpengalaman. Oleh sebab itu, ia merekrut orang-orang yang dipercayainya.

Roberto Baronio, rekan setimnya semasa di Brescia, sudah ikut. Antonio Gagliardi diambil dari Timnas Italia untuk menjadi analis. Terbaru, ada eks pemain bertahan Juve, Igor Tudor, yang merapat ke Turin. Namun kejutan belum selesai sampai di situ.

Dikabarkan Corriere dello Sport, Pirlo sudah menghubungi Nesta untuk ikut menjadi bagian dalam tim pelatih Juve. Bahkan kabarnya ia diminta menjadi asisten pelatih, atau bisa dibilang wakilnya Pirlo.

Pirlo dan Nesta diketahui memang dekat satu sama lain. Mereka bermain bersama di AC Milan selama periode 2002-2011 dan turut mengantarkan Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Saking dekatnya, Pirlo menyebut dalam autobiografinya bahwa ia menolak ajakan Pep Guardiola bergabung dengan Barcelona pada 2010 karena masih ingin bermain bersama Nesta.

MILAN, ITALY - JANUARY 17:  Alessandro Nesta, Dida, David Beckham and Andrea Pirlo of Milan before the Serie A match between Milan and Siena at Stadio Giuseppe Meazza on January 17, 2010 in Milan, Italy.  (Photo by Giuseppe Bellini/Getty Images)Nesta (kiri) dan Pirlo (kanan) semasa bermain di AC Milan. Foto: Getty Images/Giuseppe Bellini

Saat ini, Nesta berstatus pelatih Frosinone yang bermain di Serie B. Mereka baru saja kalah di final play-off Serie A dari Spezia.

Nesta juga sudah lebih lama berkarier di dunia kepelatihan ketimbang Pirlo. Sebelum Frosinone, ia sudah pernah melatih Miami FC (2015-2017) dan Perugia (2018-2019).

(adp/krs)


Sumber