March 3, 2021

PSSI: Bursa Transfer Shopee Liga 1, September-Oktober 2020 Khusus Pemain Asing

Bola.com, Jakarta – Ada dua pasal dalam Regulasi Shopee Liga 1 2020 terbaru yang mengatur periode pendaftaran pemain. Pasal 24 tentang “Periode Pendaftaran Pemain” ayat ketiga berbunyi periode pendaftaran kedua dimulai pada 1 Desember-23 Desember 2020.

Lalu, pada Pasal 24A tentang “Periode Pendaftaran TMS” ayat ketiga yang berisikan periode pendaftaran kedua pada 21 September-18 Oktober 2020. Pada ayat keempat pasal yang sama, tertuang penjelasan lebih lanjut yaitu club hanya diperbolehkan mendatangkan pemain asing baru yang belum pernah bermain di Shopee Liga 1 musim ini.

Ada kemiripan pada dua pasal yang sama-sama mengatur pendaftaran pemain tersebut. Lantas, apa bedanya?

“Periode pendaftaran pemain pada Desember 2020 itu untuk pemain lokal. Lihat di situ. Ada pasal soal TMS, itu untuk pemain asing,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, ketika dihubungi Bola.com, Jumat (25/9/2020).

Artinya, pada bursa transfer yang dibuka sebelum Shopee Liga 1 dilanjutkan pada 1 Oktober 2020 ini, club hanya diizinkan untuk mendaftarkan pemain asing baru. Penambahan pemain lokal baru diperbolehkan pada 1 Desember-23 Desember 2020.

“Kalau orang sepak bola, orang club, langsung paham. Tapi kalau orang yang tak senang, itu jadi masalah lagi. Kalau club-club sudah paham tak perlu dijelaskan. Mana pendaftaran pemain asing, mana pemain lokal, mereka sudah paham,” jelas Yunus.

Sumber