September 29, 2020

Ramai Pesepakbola Konsumsi Makanan Tidak Sehat, Persib Justru Perhatikan Nutrisi Pemain

Berita Liga 1 Indonesia: Ramai dibicarakan akhir-akhir soal kebiasaan pesepakbola Indonesia mengkonsumsi makanan yang tak bergizi. Memang tidak sedikit pemain mengunggah makanan mereka ke media sosial dan memancing reaksi negatif netizen.

Ketika atlet sepakbola dituntut mempunyai tubuh atletis, maka nutrisi yang dikonsumsi harus diperhatikan. Namun ironisnya, banyak pemain yang bahkan berstatus pemain tim nasional masih mengabaikan hal ini dan mengonsumsi makanan yang asal-asalan.

Robert Rene Alberts selaku pelatih Persib pun mengatakan bahwa nutrisi pemain sudah seharusnya diperhatikan. Maka sejak dia memegang kendali Maung Bandung tahun lalu, gizi pemain mulai dibenahi olehnya.

“Di Persib, sejak saya bergabung, saya sudah memperhatikannya. Pemain diberi oleh Gilang, nutritionist kami, program lengkap apa yang harus dimakan maupun kapan mereka harus memakannya,” kata Robert ketika diwawancara di Stadion GBLA.

Katering yang disiapkan untuk pemain tidak asal-asalan, untuk karbohidrat pun sangat diperhatikan. Selain beras merah, para pemain juga lebih banyak diberi kentang atau pasta. Robert pun menyebut pemainnya cukup disiplin dalam menjaga asupan gizinya.

“Saya pikir secara umum pemain kami disiplin melaksanakan itu. Jika kalian melihat berat badan pemain, mereka terbilang cukup stabil soal berat badannya. Jadi pemain mulai belajar dan juga memperbaiki kebiasaan di Persib. Karena kami cukup ketat dalam mengawasi apa yang mereka makan,” jelasnya.

Sementara itu, nutritionist Persib, Gilang Fauzi mengatkan ia memang bertugas untuk mengatur asupan gizi pemain. Dirinya pun sudah sering memberi penjelasan kepada pemain soal pentingnya menjaga nutrisi untuk para atlet.

“Saya sudah memberikan tugas dan saya sudah mengedukasi semua pemain kebutuhan mereka seperti apa, kandungan apa yang mereka butuhkan saya berikan dan mereka sendiri sudah disebut pemain profesional ya,” jelasnya.

Mulai dari asupan kalori, lemak, protein dan karbohidrat dari pemain diatur olehnya. Pemain juga dikatakan Gilang mengerti dengan apa yang sudah dijelaskannya supaya mereka bisa segere kembali ke performa terbaik.

“Karena jikalau saya menghakimi¬†harus seperti apa, mereka sudah bukan anak kecil lagi dan mereka tahu tanggung jawab mereka. Jika mereka makan A efeknya seperti ini positifnya seperti ini sehingga tidak mengharuskan dan mereka harus bertanggung jawab kepada pribadinya,” jelasnya.

“usai mereka diedukasi nutrisi yang baik seperti apa memang progresnya cukup baik dari mulai body fat menurun dan lemak di perut menurun. Memang tidak signifikan karena prosesmya cukup lumayan tapi alhamdulillah target kita pas kompetisi tercapai,” tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Gilang Fauzi



Sumber