September 29, 2020

Regulasi Lima Pergantian Pemain Dinilai Positif Oleh Pelatih Persib

Berita Liga 1 Indonesia: Gelaran Liga 1 2020 rencananya akan mengikuti kompetisi di negara lain, dengan memberlakukan lima pergantian pemain. Regulasi ini sendiri memang sudah masuk ke dalam law of the game yang diterapkan FIFA.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts pun setuju peraturan baru itu diterapkan di Indonesia. Apalagi dari informasi yang dia dapatkan, nantinya mobilitas setiap club untuk berkunjung ke markas tim lawan dibatas menggunakan bus saja.

“Saya pikir itu akan dibutuhkan. Jika, sesuai dengan apa yang saya dengar, rencananya setiap tim harus melakukan perjalanan menggunakan bus,” kata pelatih berkebangsaan Belanda tersebut ketika diwawancara oleh awak media.

Biasanya club-club di Indonesia menggunakan pesawat dari satu kota ke kota lain. Namun karena di sisa musim 2020 semua pertandingan akan dipusatkan di pulau Jawa, maka perjalanan menggunakan bus mungkin saja dilakukan.

akan tetapi ada konsekuensi dari regulasi tersebut menurut Robert. Stamina pemain akan terkuras karena perjalanan yang jauh dan memakan waktu lama. Artinya pergantian pemain yang banyak pun bisa menjadi solusi agar tim tetap tampil stabil.

“Dibutuhkan banyak pemain dan pergantian, karena jika melihat proposal jadwal liga sejauh ini, jadwalnya sangat padat karena digelar pada bulan Oktober hingga Februari dengan memainkan 31 pertandingan, ada 6-7 pertandingan dalam satu bulan,” ujarnya.

“Dan jika harus melakukan perjalanan menggunakan bus artinya butuh waktu sekitar 10 jam, dan itu akan sangat mempengaruhi kelelahan dari pemain serta resiko cedera. Jadi saya menunggu informasi resmi soal itu,” jelas Robert.

Robert menambahkan, timnya harus siap untuk menghadapi semua regulasi yang diterapkan di masa adaptasi kebiasaan baru. Ia juga menyebut pergantian lima pemain masuk akal jika peraturan soal perjalanan pemain dibatasi.

“Jika ini benar terjadi, maka kami harus melakukan persiapan yang bagus bagaimana pemain siap menghadapi pertandingan dan pergantian hingga lima pemain itu masuk akal,” tutup pelatih yang memulai karir sepakbola bersama Ajax Amsterdam tersebut.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Liga 1 2020



Sumber