September 19, 2020

Resmi Gabung Barcelona, Pjanic Berikan Keuntungan Finansial Buat Juventus

Berita Liga Italia: usai kepergian Arthur Melo dari Barcelona ke Juventus diresmikan, Miralem Pjanic pergi ke arah sebaliknya dengan memberikan keuntungan finansial terbesar kedua sejak penjualan Paul Pogba ke Manchester United.

Sang gelandang tim nasional Bosnia itu dijual ke Barcelona dengan harga transfer 60 juta euro (969 miliar rupiah), dengan bonus yang bisa mencapai hingga 5 juta euro (80 miliar rupiah).

Pjanic akan menandatangani kontrak yang akan mengikatnya di Camp Nou hingga akhir musim kompetisi 2023/2024 mendatang, dan klausul rilis seharga 400 juta euro (6,4 triliun rupiah).

Transfer ini sebenarnya barter di antara kedua pemain, dengan Juventus menambah uang tunai sebesar 12 juta euro (193 miliar rupiah), dengan bonus yang berpotensi meningkat hingga 10 juta euro (161 miliar rupiah).

Namun pembagian transfer menjadi dua kesepakatan yang berbeda dengan sejumlah rincian yang membedakan, yaitu Juventus membayar Arthur dalam empat kali cicilan, membuat club asal Italia itu mendapat keuntungan.

Penjualan Pjanic menghadirkan keuntungan sebesar 41,8 juta euro (674 miliar rupiah) dalam buku laporan keuangan mereka untuk tahun fiskal 2019/2020, yang adalah keuntungan terbesar kedua sejak kepergian Paul Pogba ke Manchester United pada musim panas tahun 2016 silam.

Pada saat itu, kepergian Pogba bernilai 105 juta euro, atau setara dengan 1,6 triliun rupiah, dan memberikan keuntungan sekitar 47 juta euro (758 miliar rupiah), berdasarkan warta dari seorang jurnalis La Gazzetta dello Sport, Marco Iaria.

Selayaknya Arthur di Barcelona, Pjanic juga akan menghabiskan sisa musim kompetisi 2019/2020 bersama Juventus dan baru akan gabung club barunya pada musim depan.

Artikel Tag: Miralem Pjanic, Juventus, Barcelona, arthur melo



Sumber