December 2, 2020

Samuel Umtiti Berpeluang Tinggalkan Barcelona ke Lyon

Samuel Umtiti
Samuel Umtiti / FC Barcelona | Alex Caparros/Getty Images

Spekulasi mengenai masa depan Samuel Umtiti dengan Barcelona beberapa kali mendapat sorotan pada bursa transfer musim panas 2020. Pemain yang berposisi sebagai pemain bertahan tengah itu beberapa kali dikabarkan dapat meninggalkan Camp Nou. Pada akhirnya Umtiti tetap bertahan, paling tidak hingga akhir paruh pertama musim 2020/21.

Umtiti sempat menjadi pemain kunci Barca pada 2016 hingga 2018. Namun permasalahan cedera membuatnya gagal bersaing dengan Clement Lenglet. Posisi Umtiti di Timnas Prancis juga berhasil digeser oleh rekan barunya. Keadaan ini membuat pemain berusia 26 tahun itu dapat meninggalkan Blaugrana pada bursa transfer musim dingin 2021.

Terkait kemungkinan untuk hengkang dari Blaugrana, Umtiti mengakui kemungkinan untuk kembali ke Lyon. Umtiti mengatakan terdapat kontak yang terjadi pada musim panas lalu, namun pada akhirnya tidak terdapat pergerakan yang nyata.

“Lyon adalah tim kebanggan saya. Lyon juga menjadi kota tempat saya tumbuh dan berkembang, hingga dapat bermain di Barcelona dan Timnas Prancis. Terdapat diskusi dengan Lyon pada bursa transfer yang lalu, akan tetapi tidak terdapat tindakan yang nyata,” ungkap Samuel Umtiti dalam wawancara yang dikutip dari AS.

Umtiti mengalami penurunan yang signifikan usai Piala Dunia Rusia 2018. Umtiti memaksakan diri untuk masuk ke dalam skuad Les Bleus meskipun menderita cedera lutut. Tindakan itu membuatnya harus menjalani operasi, yang memberi pengaruh signifikan terhadap proses pemulihannya.