September 21, 2020

Serba Hitam, Bottas Kehilangan Tiga Kilogram di GP Spanyol

Berita MotoGP: Pembalap Mercedes Valtteri Bottas mengaku kehilangan tiga kilogram berat badannya seusai balapan GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona akhir pekan lalu. Pada seri ke-6 Formula 1 tersebut, Bottas menyudahi balapan di posisi ke-3 dibelakang Hamilton dan Verstappen.

Dilansir dari Motorsport, Bottas mengatakan dirinya kehilangan tiga kilogram selama GP Spanyol dan percaya bahwa ini juga dipengaruhi oleh serba hitam yang diadopsi oleh Mercedes untuk musim Formula 1 2020. 

Di awal balapan Barcelona, ​​Bottas terdengar mengatakan kepada teknisi di radio “overall hitam ini sangat keren”.

Perpindahan dari overall putih ke hitam adalah bagian dari latihan re-branding pra musim yang juga membuat tim ikut mengganti mobilnya dari corak perak tradisional menjadi hitam sebagai bagian dari pesan keberagaman yang berkelanjutan.

“Sangat panas di dalam mobil. Tahun ini, di dalam mobil semakin panas. Jelas, kami telah mengubah warna keseluruhan. Dan diketahui bahwa warna hitam mengambil lebih banyak panas, terutama saat ada sinar matahari langsung,” kata Bottas seusai balapan.

“Saya tidak tahu angka atau fakta, seberapa besar perbedaan suhu antara hitam dan putih, tapi tahun ini, sangat panas di dalam mobil. Dan juga ada homologasi baru tahun ini untuk keseluruhan hitam, jadi lebih tebal, dan celana dalam lebih tebal, jadi saya tidak tahu seberapa besar efeknya,” sambungnya. 

Sampai seri ke-6 ini, Bottas saat ini berada di peringkat ke tiga klasemen perebutan juara dunia Formula 1. Atau berjarak 43 poin dengan pemuncak kejuaraan Hamilton dan hanya enam poin dari Verstappen di peringkat dua.

“Itu sangat panas jadi saya berkata, ‘Teman-teman, kamu tahu bahwa overall ini terlalu panas.’ Dan yang pasti, putih akan lebih dingin dalam hal suhu dan hari ini misalnya saya kehilangan tiga kilo dalam balapan, yang mana ini cukup banyak,” ujarnya.

“Dan di situlah hal itu dapat mulai memengaruhi kinerja. Saya tahu bahwa dari semua pembalap, saya adalah salah satu yang terkuat jika bukan yang terkuat, jadi saya dapat menerimanya, akan tetapi tidak pernah nyaman dan selalu ada hal-hal yang dapat kami tingkatkan,” pungkasnya.

Artikel Tag: Formula 1, f1 2020, Valtteri Bottas, mercedes f1



Sumber