February 26, 2021

Son Heung Min, Pahlawan Tottenham di Kandang Arsenal

INGGRIS – Tottenham Hotspurs menjadi pemenang derby London utara dalam pekan 11 Liga Premier, Minggu (6/12/2020) malam WIB. Son Heung Min tampil memukau dalam pertandingan melawan Arsenal itu. 

Winger asal Korea Selatan ini membukukan gol pertama bagi timnya di menit 13. 

Tottenham akhirnya membuka keunggulan berkat gol indah Son Heung Min pada menit ke-13. Gol bermula dari serangan balik cepat. Heung Min memanfaatkan umpan Harry Kane lalu menggiring bola ke kiri pertahanan Arsenal.

Mengecoh satu pemain bertahan Arsenal, Heung Min kemudian menembak bola ke pojok kiri atas gawang. Kiper Bernd Leno gagal melindungi gawangnya. 

Heung Min juga berperan dalam terciptanya gol kedua oleh Kane. Ia bermain solid bersama Kane.

Lahir di Chuncheon, Provinsi Gangwon, saat 16 tahun Heung Min bergabung dengan Hamburg SV. Ia lalu pindah ke club Bundesliga lainnya, Bayer Leverkusen dengan rekornya transfer club 10 juta euro. 

Dua tahun berselang, ia pindah ke Tottenham dengan mahar 22 juta poundsterling. Di club Liga Inggris ini ia menjadi pemain Asia termahal dalam sejarah club. 

Tingginya transfer di bayarnya dengan menjadi pemain Asia terbanyak mencetak gol dalam sejarah Liga Premier. Catatan itu bahkan melampaui rekor Cha Bum Kun.

Bukan hanya untuk The Lily White ia gemilang. Sewaktu berseragam negaranya ia juga tampil mentereng. 

Menjadi pemain internasional sejak 2010, Heung Min mengikuti  Piala Dunia FIFA 2014, dan 2018. Ia bahkan menjadi pencetak gol terbanyak negaranya di Piala Dunia bersama dengan Park Ji Sung dan Ahn Jung Hwan.