November 25, 2020

Stefanos Tsitsipas Kandaskan Andrey Rublev Di ATP Finals

Berita Tenis: Tidak ada juara bertahan yang kalah di dua pertandingan pertama ATP Finals sejak musim 2006 dan Stefanos Tsitsipas sukses memperpanjang catatan tersebut.

Petenis berkebangsaan Yunani mengamankan satu peluang match point demi menumbangkan debutan di ATP Finals, Andrey Rublev dengan 6-1, 4-6, 7-6. Hasil tersebut memastikan Dominic Thiem yang berada satu grup dengan mereka berhasil membukukan satu tempat di semifinal.

Thiem saat ini mencatatkan 2-0 di Grup London 2020 dan dipastikan menjadi juara dari grup tersebut. Pertandingan petenis berkebangsaan Yunani melawan Rafael Nadal di pertandingan terakhir fase grup ATP Finals akan menentukan siapa di antara keduanya yang akan berada di posisi kedua Grup London 2020.

“Itu pertandingan yang luar biasa dari kedua sisi. Kami menghasilkan permainan yang luar biasa,” seru Tsitsipas.

“Saya lega karena semua usaha dan perjuangan di lapangan terbayar dengan baik. Saya sangat senang bahwa saya memperlihatkan ketekadan dan keinginan untuk tidak menyerah ketika ia mendapatkan peluang match point. Ketika ia unggul 6/5, saya menghasilkan beberapa permainan yang benar-benar apik dan hal itu yang membantu saya mengklaim kemenangan.”

Pada pertandingan pertama fase grup, petenis peringkat 6 dunia kalah pada pertandingan tiga set sengit melawan Thiem dengan hanya beberapa poin yang membuat perbedaan. Hal yang sama terjadi ketika melawan Rublev. akan tetapi kali ini, dewi fortuna lebih berpihak kepada petenis berkebangsaan Yunani.

Rublev memenangkan empat poin secara beruntun dari kedudukan 2/5 dan mendapatkan peluang match point, akan tetapi ia malah melakukan pelanggaran ganda yang dimanfaatkan dengan baik oleh petenis peringkat 6 dunia.

“Mendapatkan banyak peluang untuk melakoni pertandingan seperti itu, dengan intensitas tinggi, dan selalu menguji diri saya sendiri melawan petenis sehandal itu memberi saya peluang untuk belajar dan berkembang,” jelas Tsitsipas.

“Pertandingan kali ini pun adalah peluang untuk belajar. Meskipun saya menang, saya merasa masih banyak aspek yang harus ditingkatkan dan membuatnya lebih baik.”

Di bawah tekanan, juara bertahan menahan rasa tegang, melakukan lebih sedikit kesalahan di momen-momen krusial demi menumbangkan Rublev dalam waktu 1 jam 55 menit. Ia menembakkan forehand yang krusial pada kedudukan 6/6 demi mendapatkan mini break penentu, sebelum mengklaim 1-1 di Grup London 2020.

“Pada kedudukan 6/6, saya mengerahkan segalanya. Saya mengembalikan dengan baik sehingga saya bisa membalikkan keadaan dan menembakkan forehand yang membuatnya berada di bawah tekanan,” tukas Tsitsipas.

Kedua petenis muda memasuki O2 Arena, London dengan head to head 2-2 dan Rublev memenangkan pertemuan terakhir mereka di final German Open, Hamburg pada September lalu, akan tetapi kali ini petenis berkebangsaan Yunani tampil lebih baik.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Stefanos Tsitsipas, Andrey Rublev, Dominic Thiem