September 29, 2020

Valentino Rossi Berpeluang Ukir Rekor Podium MotoGP 200 Kali

Berita MotoGP: Rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, kini selangkah lagi mampu mencetak rekor baru dengan mencatat 200 podium di MotoGP andaikan ia sanggup finis di tiga besar pada MotoGP Ceko 2020.

Rossi kini sudah mengoleksi podium 199 kali yang terdiri dari 89 kali di tempat pertama, 61 kali di peringkat kedua, dan 49 kali di peringkat ketiga.

Rossi sendiri berada di urutan pertama untuk rekor ini, posisi kedua ada pebalap yang sudah pensiun, yakni Jorge Lorenzo dengan total naik podium 114 kali, posisi ketiga ada, Dani Pedrosa sebanyak 112 kali.

Hasil podium ketiga di MotoGP Andalusia dua pekan lalu membuat Rossi hampir menggenapkan koleksi podiumnya. Jika ia berhasil meraih podium di MotoGP Ceko, maka ia bakal mengukir rekor baru dengan meraih 200 podium di ajang MotoGP.

Rossi juga menjadi rider pertama dalam usia 41 tahun yang bisa naik podium di kelas utama MotoGP usai Jack Findlay (42 tahun) pada 1977 lalu.

Andai The Doctor sukses di seri ketiga MotoGP Republik Ceko 2020, ia bisa menjadi rider tertua yang bisa dua kali berturut-turut menginjakkan kaki di podium usai Jack Ahearn (41 tahun) pada 1966 silam.

Meskipun ia mengaku percaya diri di Sirkuit Brno, akan akan tetapi ia juga masih memiliki permasalahan terhadap motor balap YZR-M1 miliknya. Terlihat pada seri perdana MotoGP Spanyol 2020, ia harus gagal finis karena permasalahan teknis.

Rossi pun mengaku kecewa dengan penampilannya, dan meminta Yamaha untuk menyetel kuda besi sesuai keinginannya. Di seri kedua MotoGP Andalusia 2020 akhirnya dia mampu bertengger di podium, walaupun menempati posisi ketiga terpaut 5,546 detik dari Fabio Quartararo (Peronas Yamaha SRT).

Hasil ini sekaligus mengakhir puasa podium Rossi yang terakhir kali diraihnya di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha



Sumber