October 1, 2020

Valentino Rossi Kritik Keras Kondisi Aspal Sirkuit Brno

Berita MotoGP: Valentino Rossi mengeluhkan kondisi aspal di Sirkuit Brno jelang seri balap MotoGP Ceko 2020. Menurutnya, kondisi aspal di sini tak kunjung mengalami peningkatan.

Menjelang balapan MotoGP Ceko, Valentino Rossi melontarkan kritikan dan protes terkait kondisi aspal Sirkuit Brno. The Doctor menuturkan jika aspal di lintasan ini bisa merugikan semua rider.

Pengelola Sirkuit Brno sendiri belum melakukan pengaspalan ulang secara menyeluruh dalam dalam 12 tahun terakhir. Alhasil, kondisi trek yang kurang ideal membuat para pebalap kesulitan untuk menggeber motor balapnya dengan maksimal.

Rider Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, bahkan mengaku mengendarai motornya dengan berhati-hati layaknya ketika tampil di lintasan basah. Hal itu pun juga diamini oleh Valentino Rossi.

“Kami sudah menduga [aspalnya kurang ideal] karena kondisinya sudah begini setiap tahunnya,” tutur Rossi dikutip dari GPone.

“Brno masih menjadi lintasan yang indah, akan tetapi aspalnya jauh dari kata fantastis dan itu merugikan semua pembalap.”

Rossi mengaku bahwa para rider MotoGP akan membawa masalah ini dalam pertemuan Komisi Keselamatan berikutnya. Kendati begitu, rider berusia 41 tahun itu maklum dengan kendala yang dihadapi Sirkuit Brno untuk melakukan pembenahan.

“Kami pasti akan membicarakan ini bersama pembalap lain dalam Komisi Keselamatan. Kami akan mendorong untuk beberapa perbaikan. Namun, masalah sebenarnya adalah uang. Kita bicara soal uang jutaan dan siapa yang akan menyediakan dana sebesar itu?”

“Saya mengerti ini momen yang sulit untuk sirkuit karena tidak ada penonton dan itu tidak banyak membantu,” tandasnya.

Kondisi aspal yang buruk juga memakan korban usai Francesco Bagnaia (Pramac Racing) mengalami cedera akibat insiden pada latihan bebas pertama, Jumat (7/8).

Bagnaia menglami cedera patah tulang fibia sehingga absen dari balapan MotoGP Ceko, bahkan ia juga harus menepi dari MotoGP Austria.

“Di Brno ada banyak lubang dan gripnya kurang. Cuaca panas di Spanyol dan kondisi aspal di Brno telah menyebabkan banyak kecelakaan,” tegas The Doctor.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha



Sumber